Kesehatan

Kick Off BIAN 2022, Pemkab Majalengka Targetkan Imunisasi 98.271 Anak

Kamis, 04 Agustus 2022 - 21:28 | 33.98k
Pemkab Majalengka kick off BIAN 2022. (FOTO: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia)
Pemkab Majalengka kick off BIAN 2022. (FOTO: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Pemerintah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, secara resmi memulai Kick Off pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Majalengka, Kamis (4/8/2022).

Adapun nantinya kegiatan imunisasi ini akan menyasar dengan target 98.271 anak. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Majalengka, H Karna Sobahi turut mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momen BIAN tersebut.

"Disamping merupakan sebuah bentuk dalam mempersiapkan generasi pada masa yang akan datang. Imunisasi anak juga merupakan upaya untuk membuat anak-anak menjadi sehat, kuat, cerdas dan berakhlakul karimah," ujarnya.

Pemkab-Majalengka-kick-off-BIAN-2.jpg

Bupati menjelaskan, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan BIAN tersebut. Diantaranya, adanya peran seluruh stakeholder dalam menggerakkan sasaran anak usia 9-59 bulan untuk datang ke tempat imunisasi.

Kemudian, kata dia, adanya kesiapan personel bagi tenaga kesehatan dalam pelaksanaan program BIAN dan kecukupan seluruh logistik sarana prasarana dalam mendukung pelaksanaannya.

"Berkenaan dengan hal tersebut, saya instruksikan kepada para camat untuk mendukung pelaksanaan operasional dalam program BIAN ini dengan melibatkan kepala desa dan TP-PKK desa," ujar bupati saat menghadiri Kick off BIAN, tahun 2022.

Kemudian, bupati berharap, kepada kepala puskesmas untuk dapat memenuhi cakupan imunisasi secara optimal dengan target 95 persen di Kabupaten Majalengka dan bagi kepala OPD yang ditunjuk sebagai LO untuk ikut serta memonitor ke tiap wilayah kecamatan.

Hal ini bermaksud guna memastikan program BIAN tersebut dapat berjalan dengan lancar sesuai yang ditargetkan. Selain itu, juga sekaligus dapat mendorong dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk ikut serta mensukseskan program BIAN.

"Mari kita bersama-sama mensukseskan program BIAN, karena dengan program imunisasi ini menjadikan anak sehat dan juga berprestasi di Kabupaten Majalengka," ungkapnya.

Pemkab-Majalengka-kick-off-BIAN-3.jpg

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, H Agus Susanto menjelaskan, tujuan kegiatan pelaksanaan BIAN di Kabupaten Majalengka ini merupakan momentum penting untuk melindungi anak dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

"Adapun jenis imunisasi yang akan diberikan adalah imunisasi Campak dan Rubela, pemberian vaksin imunisasi polio melalui mulut, imunisasi injeksi vaksin polio dan pemberian DPT -HB-Hib," bebernya.

Ia menambahkan, bahwa kelompok usia anak pada program BIAN ini meliputi usia kejar yaitu anak usia 12 s/d 59 bulan, imunisasi campak rubela anak usia 9 s/d 59 bulan, dengan jumlah sasaran se-Kabupaten Majalengka.

Sementara itu, berdasarkan hasil pendataan yaitu untuk Campak Rubela sejumlah 75.601 sasaran, untuk OPV sebanyak 4.602 sasaran, untuk IPV sebanyak 8.424 sasaran dan untuk DPT-HB-Hib sebanyak 9.644 sasaran. Dengan target pelaksanaan BIAN keseluruhan sebanyak 98.271 anak.

"Melalui program BIAN ini, kita akan melayani di 1.498 Posyandu yang tersebar di 343 desa dan kelurahan se-Kabupaten Majalengka. Adapun penyelenggaraan BIAN dilaksanakan dari mulai Kick Off hingga akhir Agustus mendatang," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES