Peristiwa Daerah

Perdana, Digelar Madiun Festival Film, Apa Saja Rangkaiannya?

Kamis, 04 Agustus 2022 - 19:28 | 45.76k
Nofan A Rendra, inisiator Madiun Festival Film (MFF) yang juga founder Komunitas Film Madiun. (FOTO: Aditya Candra/TIMES Indonesia)
Nofan A Rendra, inisiator Madiun Festival Film (MFF) yang juga founder Komunitas Film Madiun. (FOTO: Aditya Candra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Kali pertama, Madiun Festival Film (MFF) digelar. Kegiatan ini diinisiasi pegiat industri film asal Kota Madiun, Nofan A. Rendra yang juga founder Komunitas Film Madiun.

Kepada TIMES Indonesia yang menjadi salah satu media partner, Nofan menjelaskan, festival film ini bertujuan memacu geliat kreativitas dunia sinematografi di Madiun dan sekitarnya.

"Peserta gratis alias tidak ada beban biaya untuk ikut festival film ini. Sebagai bentuk komitmen kami memberikan edukasi dalam membuat film, peserta akan mendapatkan workshop. Ya agar ke depan dalam membuat film, tahu bagaimana yang harus dipersiapkan dan dilakukan," papar Nofan, Kamis (4/8/2022).

Nofan-A-Rendra-2.jpg

Beberapa materi dalam workshop di antaranya

penulisan senario, penyutradaraan, editing, dan sinamotagrafi. Sejumlah praktisi film akan mengisi workshop tersebut seperti sutadara Jay Sukmo, Nofan A. Rendra, Samsul Hadi dan Hendra AS. Rencananya, workshop akan digelar 27-28 Agustus 2022 di gedung Bakorwil Madiun, Jalan Pahlawan Kota Madiun.

"Setelah workshop, peserta memproduksi film, lalu dikumpulkan ke panitia dan selanjutnya diadakan penjurian," tambahnya.

Madiun-Festival-Film.jpg

Nofan menambahkan, Madiun Festival Film perdana ini bertema transformasi digital. Tetapi, setting atau latar film, bebas. Dia mencontohkan, peserta diperbolehkan mengangkat latar tentang wisata daerah, budaya dan lainnya.

Film yang akan dibuat peserta, kata Nofan, berdurasi 5-15 menit. Dia meyakini, kreativitas generasi muda di Madiun dan sekitarnya dalam memproduksi film sebenarnya tinggi. Terbukti, sudah puluhan peserta mendaftar.

"Kami berharap mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah. Karena melalui film, pesan tertentu akan mudah disampaikan dan diterima publik," kata Nofan, inisiator Madiun Festival Film (MFF). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES