Peristiwa Nasional

Anggota DPR RI Mukhtarudin Imbau Masyarakat Mampu Tak Gunakan BBM Bersubsidi

Kamis, 04 Agustus 2022 - 17:17 | 49.07k
Salah satu petugas SPBU tengah melayani konsumen. (FOTO: dok Pertamina)
Salah satu petugas SPBU tengah melayani konsumen. (FOTO: dok Pertamina)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin mengimbau pelaku industri dan masyarakat mampu atau orang-orang kaya agar tidak menggunakan Bahan Bakar Minyak atau BBM bersubsidi. Hal itu menanggapi terjadinya kelangkaan BBM jenis solar dan pertalite bersubsidi di sejumlah SPBU di sejumlah wilayah tanah air.

"Saya mengimbau kepada masyarakat mampu jangan memakai BBM bersubsidi," tegas Mukhtarudin, dalam keterangannya, Kamis, (4/8/2022).

Menurutnya, masyarakat mampu semestinya menggunakan BBM nonsubsidi seperti dexlite, pertamina dex dan pertamax sehingga pengguna solar dan pertalite bersubsidi akan tepat sasaran. Masyarakat juga diajak agar makin bijak dalam menggunakan bahan bakar sesuai spek mesin kendaraan.

"Masyarakat agar secara bijak hemat menggunakan BBM dan mulai secara bertahap beralih menggunakan energi baru dan terbarukan (EBT). Ini agar subsidi BBM yang hampir 16 persen dari APBN kita bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur, pertanian yang bermanfaat bagi rakyat tidak hanya habis dibakar," ucap Mukhtarudin.

Di sisi lain, Politisi Golkar dari daerah pemilihan Kalimantan Tengah itu meminta pemerintah segera menerapkan kebijakan pembatasan pemakaian BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar agar tepat sasaran dan menjaga kuotanya tidak cepat habis sebelum tahun 2022 berakhir.

Mukhtarudin yang juga anggota Badan Anggaran DPR RI itu juga menyarankan untuk menjaga pertumbuhan perekonomian Indonesia di tengah lonjakan inflasi di tanah air APBN tahun 2022 harus ekspansif terukur namun tetap menjaga daya beli masyarakat agar tetap bagus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES