Indonesia Positif

Jaga Kelestarian Alam, Kodim 0617 Majalengka Lakukan Gerakan Penghijauan

Kamis, 04 Agustus 2022 - 16:24 | 24.52k
Dandim 0617 Majalengka, Letkol Inf Danang Biantoro melakukan penanaman pohon. (FOTO: Hendri Firmansyah/TIMES Indonesia)
Dandim 0617 Majalengka, Letkol Inf Danang Biantoro melakukan penanaman pohon. (FOTO: Hendri Firmansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKAKodim 0617 Majalengka melaksanakan gerakan penghijauan dengan melakukan penanaman pohon sebagai upaya untuk pelestarian alam di kawasan Situ Ciranca, Desa Teja, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

"Gerakan penghijauan ini, selain untuk mengantisipasi dampak pemanasan global dan menjaga kelestarian lingkungan, juga untuk mengantisipasi ancaman bencana longsor yang dapat terjadi akibat gundulnya hutan," jelas Dandim 0617 Majalengka, Danang Biantoro, Kamis (4/8/2022).

Dengan demikian, ia mengajak semua masyarakat turut melakukan kegiatan positif seperti penghijauan, demi menjaga kelestarian lingkungan dan tidak merusak alam yang dapat menyebabkan bencana alam sewaktu-waktu.

Danang mengatakan, penanaman pohon tersebut ibarat pertahanan wilayah apabila negara sedang berperang. Untuk itu, keberadaan alam harus dipelihara sebab manfaatnya sangat berdampak bagi keberlangsungan hidup manusia.

Dandim-0617-b.jpg

Selain itu, kata dia, hutan juga merupakan tempat perlindungan sekaligus sebagai tempat berperang TNI, sedangkan masyarakat merupakan komponen cadangan dan pendukung agar bisa menjaga ketahanan wilayah.

"Semoga dengan kegiatan ini kita semua bisa menjaga dan melestarikan alam sekitar, sehingga manfaatnya pun ke depan dapat diwariskan untuk masa depan anak-anak kita," ungkapnya.

Sementara itu, pelaksanaan kegiatan dalam rangka pembinaan lingkungan hidup untuk pelestarian alam yang diinisiasi oleh Kodim 0617 Majalengka itu, sedikitnya diikuti oleh 120 orang yang terdiri dari unsur komunitas relawan peduli lingkungan Majalengka, Perhutani dan Muspika setempat.

Sementara itu, Kepala Desa Teja, Wiwi Widiawati mengucapkan banyak terimakasih kepada Kodim 0617 Majalengka, yang telah mempunyai inisiasi gerakan penghijauan tersebut. Dengan adanya gerakan penanaman bibit pohon ini, tentu untuk lebih mempertahankan sumber mata air yang ada.

"Selain itu, kami juga berharap nantinya bisa lebih banyak lagi pohon yang ditanam di wilayah Desa Teja, Kecamatan Rajagaluh, supaya oksigen semakin banyak," jelasnya di sela gerakan penghijauan yang diinisiasi Kodim 0617 Majalengka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES