Peristiwa Nasional

Wakil Ketua DPD RI Minta Pemda dan Kemendikbud RI Siapkan Asrama Khusus Mahasiswa Papua

Kamis, 04 Agustus 2022 - 15:43 | 24.37k
Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin mendengar aspirasi mahasiswa Papua (FOTO: DPD RI)
Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin mendengar aspirasi mahasiswa Papua (FOTO: DPD RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah RI (DPD RI) Sultan B Najamudin meminta pemerintah daerah dan Dirjen Dikti Kemendikbud RI untuk menyiapkan asrama khusus mahasiswa Papua yang menempuh pendidikan tinggi di semua daerah.

Demikian disampaikan Sultan setelah mendengarkan secara langsung curahan hati dan aspirasi beberapa mahasiswa asal Papua, seperti dikutip dari keterangan resmi DPD RI, Jakata, Kamis (4/8/2022).

"Kami mengapresiasi cara pemerintah untuk memberikan kesempatan belajar kepada generasi muda Papua di semua wilayah Indonesia. Selain bertujuan meningkatkan kualitas SDM, hal ini sangat penting untuk menjaga kohesivitas sosial dan kedekatan emosional antara pemuda mahasiswa Papua dengan mahasiswa dari wilayah setempat," ujarnya.

Menurut dia, keberadaan dan kebutuhan hidup mahasiswa Papua di semua daerah harus menjadi tanggungjawab pemerintah daerah setempat. Oleh karena itu pemerintah daerah harus membangun koordinasi dengan Dikti sebagai penanggung jawab program tersebut.

"Kami ingin semua kebutuhannya akomodasi baik tempat tinggal dan konsumsi mahasiswa saat berkuliah diperhatikan secara khusus oleh pemerintah daerah. Semua kebutuhan pendidikan dan akomodasi pemuda mahasiswa, khususnya mahasiswa Papua di semua wilayah selain Papua merupakan tanggung jawab moral semua pihak di daerah," tegas Sultan.

Lebih lanjut mantan Wakil Gubernur Bengkulu itu mengungkapkan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan semua tokoh Papua di Senayan untuk bersama-sama memberikan perhatian lebih kepada mahasiswa Papua di Bengkulu dan daerah lainnya. 

"Proses menyatukan NKRI tidak sekedar dibangun atas dasar kesamaan nasib bangsa di masa lalu, namun lebih dari itu, karena kita memiliki kesamaan masa depan dan cita-cita berbangsa dan bernegara." demikian Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES