Indonesia Positif

Departemen Patologi Klinik FK UNAIR Gelar Pengabdian Masyarakat bagi Tenaga Kesehatan di Bangkalan

Kamis, 04 Agustus 2022 - 09:43 | 44.83k
Sesi foto bersama tim Departemen Patologi Klinik FK UNAIR dengan Nakes se Kabupaten Bangkalan. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Sesi foto bersama tim Departemen Patologi Klinik FK UNAIR dengan Nakes se Kabupaten Bangkalan. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Meski pandemi Covid-19 sudah reda, kewaspadaan tetap perlu diperhatikan. Oleh sebab itu, Departemen Patologi Klinik FK UNAIR menggelar pengabdian masyarakat bagi tenaga kesehatan se Kabupaten Bangkalan.

Bertempat di Aula Hotel Ningrat Bangkalan (3/8/2022), kegiatan itu mengusung tema Edukasi Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Dalam Pemeriksaan Spesimen Covid-19 bagi Petugas Kesehatan Kabupaten Bangkalan.

Pada kesempatan itu, Ketua Pelaksana Yulia Nadar Indrasari dr SpPK menjelaskan bahwa kegiatan itu ditujukan untuk untuk meningkatkan skill petugas kesehatan yang ada di Kabupaten Bangkalan.

“Pemilihan tempat di Kabupaten Bangkalan juga tidak bisa terlepas dari pengalaman pada saat pandemic bahwa Bangkalan pernah menjadi salah satu wilayah dengan kasus yang cukup tinggi,” ujarnya.

Selanjutnya, pada saat sambutan pembuka, Kepala Departemen Patologi Klinik FK Universitas Airlangga Surabaya Dr Yetty Hernaningsih dr SpPK(K), mengatakan bahwa pengabdian yang dilakukan diharapkan bisa memberikan banyak manfaat. Terlebih bekal dan wawasan untuk tetap mengantisipasi perkembangan covid ke depan.

tim-Departemen-Patologi-pelatihan.jpg

“Meski covid sudah reda, tapi materi yang diberikan tetap menjadi bekal untuk tetap antisipasi selanjutnya. Mengingat beberapa daerah juga mengalami kenaikan. Untuk itu besar harapan kami acara ini bisa memberikan manfaat dan bekal wawasan baru,” jelasnya.

Untuk itu, pengabdian masyarakat yang dikonsep dengan pemberian materi dan diskusi itu dapat menjadi ajang untuk saling bertukar pengalaman. “Kami juga berharap program ini bisa berkesinambungan antara Departemen Patologi Klinik FK UNAIR dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan Indah Wahyuni SE MKes melaporkan perihal penanganan Covid-19 di Bangkalan. Menurutnya, pihaknya terus bergotong royong untuk mencegah penyebaran kasus Covid. Pihaknya juga mendorong vaksinasi bisa terlaksana dengan maksimal di masyarakat Bangkalan.

“Semua berkat kerja keras para nakes dan dengan adanya kegiatan ini kami sambut dengan baik mengingat bisa menjadi bekal para nakes dan pengetahuan nakes di wilayah kabupaten Bangkalan dalam rangka upaya peningkatan pelayanan pengendalian Covid-19,” tuturnya.

Pada akhir, dalam kesempatan berbeda Dewi Puspitasari SSt yang merupakan tenaga kesehatan Puskesmas Banjar merespon baik kegiatan itu. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan oleh Departemen Patologi Klinik FK UNAIR bisa menjadi bekal yang baik bagi para nakes. “Sangat bagus dalam memberi wawasan dan bekal kita semua untuk menghadapi dampak pandemi ke depan,” pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES