Indonesia Positif

Kirim 702 Pandu ke Jamnas XI Jakarta, Pramuka Jatim Optimistis Juara

Kamis, 04 Agustus 2022 - 11:26 | 132.00k
Ketua Kwarda Pramuka Jatim HM Arum Sabil saat pelepasan peserta Jamnas XI di Gedung Negara Grahadi, Rabu (3/8/2022) petang. (Foto: Dok.Humas Pemprov Jatim)
Ketua Kwarda Pramuka Jatim HM Arum Sabil saat pelepasan peserta Jamnas XI di Gedung Negara Grahadi, Rabu (3/8/2022) petang. (Foto: Dok.Humas Pemprov Jatim)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Gerakan Pramuka Kwarda Jatim mengirim ratusan peserta kontingen menuju Jambore Nasional (Jamnas) XI yang akan berlangsung di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur pada 14-21 Agustus 2022 mendatang.

Acara pelepasan berlangsung di Gedung Negara Grahadi dan dipimpin oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) sekaligus Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Ketua Kwarda Pramuka Jatim HM Arum Sabil, Rabu (3/8/2022) petang.

Calon peserta kontingen Jatim sendiri mencapai 702 orang dengan rincian 608 Penggalang, 4 Pramuka Penggalang berkebutuhan khusus, 80 pembina pendamping, dan 10 orang pimpinan kontingen. Kontingen ini berasal dari 38 kabupaten/kota yang masing-masing mengirimkan 8 putera dan 8 puteri serta 1 pembina putera dan 1 pembina puteri.

Sedangkan pelepasan diwakili oleh seluruh pimpinan kontingen, pembina pendamping, Pramuka Penggalang berkebutuhan khusus, serta 76 ketua regu.

Dalam kesempatan tersebut, Arum Sabil mengungkapkan apresiasi terhadap Khofifah. Sebab, mantan Menteri Sosial RI itu telah membekali para peserta dengan nilai-nilai yang sesuai dengan salah satu butir Dasa Darma Pramuka, yakni Cinta Alam dan Kasih Sayang sesama Manusia.

Arum-Sabil-a.jpg

"Kak Kamabida ini selalu aktif melibatkan kami dalam kegiatan ekonomi produktif di bidang agribisnis, pertanian, lingkungan hidup, dan kemanusiaan. Terima kasih. Ini jadi bekal calon peserta untuk mengikuti Jambore Nasional nanti," terangnya seraya mengungkapkan optimisme Pramuka Jatim bakal meraih juara umum pada giat tersebut.

Selain itu, Arum juga berpesan kepada para anggota, bahwa di arena Jamnas XI, mereka adalah cermin dari Pramuka Jatim. Ia meminta para pandu tetap mengamalkan Dasa Dharma Pramuka di manapun mereka berada. Terutama pada butir kesepuluh.

"Di manapun kita berada, kita amalkan Dasa Dharma di antaranya butir kesepuluh. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Jadilah teladan kebaikan, muliakanlah sekalipun kita direndahkan, kuatkanlah sekalipun kita dilemahkan. Tetaplah setia walaupun kita dihianati dan raihlah kemenangan tanpa merendahkan," ungkapnya.

Menurut Arum, memang tidak mudah mengamalkan Dasa Dharma butir kesepuluh tersebut. Namun, selama masih ada cinta dan keyakinan kepada Sang Pencipta,

maka kekuatan dan kesabaran serta kebahagiaan akan selalu bersama.

"Selamat mengikuti Jamnas XI 2022 semoga Tuhan YME menganugerahkan kesehatan, keselamatan, kesuksesan dalam menjalankan dan mengikuti Jamnas XI," ujar Ketua Gerakan Pramuka Kwarda Jatim Arum Sabil. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES