Indonesia Positif

KKN Unigoro dan Unirow Tuban Fokus Pengembangan UMKM

Kamis, 04 Agustus 2022 - 11:13 | 41.39k
Pendampingan ke Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) oleh mahasiswa di program Kuliah Kerja Nyata dua kampus (Foto: Ikhwan Fahrudin/TIMES Indonesia)
Pendampingan ke Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) oleh mahasiswa di program Kuliah Kerja Nyata dua kampus (Foto: Ikhwan Fahrudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Bojonegoro Unigoro dan Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban terselengga untuk peningkatan pelaku usaha kecil. Kolaborasi kedua kampus swasta ini dilaksanakan mulai 18 Juli - 18 Agustus 2022. Salah satu fokus utama program KKN tahun ini yakni pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Ini sebagai program tambahan di sektor pengabdian kepada masyarakat. Kolaborasi KKN ini bertujuan untuk menjalin komunikasi dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa di lintas perguruan tinggi di lokasi program kegiatan yang telah ditentukan. Selain itu untuk meningkatkan serta mengembangkan usaha.

Anang Bayu Wicaksono Ketua Kelompok 25 KKN Unigoro mengatakan bahwa pelaku UMKM Melati Desa Wukirharjo Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban sebagai mitra kami untuk bersinergi. UMKM Melati memproduksi olahan keripik singkong, tela, mbote, pisang, sukun, rempeyek dan juga kerupuk rambak, katanya, Kamis, (4/8/2022).

KKN-Unirow.jpg

Mahasiswa Unigoro ini menjelaskan UMKM Melati berdiri sejak tahun 2010 dan belum memiliki izin usaha dan pemasarannya belum meluas sehingga kami membantu dalam legalitas usaha, digital marketing, dan efisiensi produksi. Selain itu terkait pengembangan sumber daya manusia di UMKM Melati, ungkapnya.

“Empat point tersebut merupakan fokus utama yang dilakukan dalam pendampingan UMKM Melati saat ini. Alhamdulillah, program tersebut sudah terlaksana dengan baik. Kami juga membantu di pembaharuan packaging hingga legalitas merek dagang,” ujar Anang.

Sementara Winarti pemilik usaha merasa terbantu atas program KKN ini. Ia mengucapkan terima kasih atas bantuan dari kelompok KKN 25 Unigoro. Atas bantuannya kini lebih baik lagi, ucap pelaku usaha ini.

“Semoga atas segala bantuan ini kami menjadi lebih sukses lagi,” harap Winarti terkait KKN Kolaborasi Unigoro dan Unirow. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES