Indonesia Positif

Sasaran Bertambah, Vaksin Covid-19 Dosis Keempat Kota Malang Dimulai Besok

Kamis, 04 Agustus 2022 - 10:59 | 23.89k
Kepala Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif saat ditemui awak media di gedung DPRD Kota Malang, Kamis (4/8/2022). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Kepala Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif saat ditemui awak media di gedung DPRD Kota Malang, Kamis (4/8/2022). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Vaksinasi Covid-19 untuk booster kedua atau dosis keempat di Kota Malang bakal dimulai Jumat (5/8/2022) besok. Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes Kota Malang) Pemkot Malang, dr Husnul Muarif saat ditemui di gedung DPRD Kota Malang, Kamis (4/8/2022).

Husnul mengatakan, saat ini tim Dinkes Kota Malang tengah mengambil stok vaksin di Dinkes Provinsi Jawa Timur.

"Hari ini kita ambil vaksin di Jatim. Sore nanti datang, terus teman-teman di fasyankes (fasilitas layanan kesehatan) bisa ambil stok di dinas kesehatan," ujar Husnul, Kamis (4/8/2022).

Ia menyebutkan, sasaran penyuntikan vaksin booster kedua atau dosis keempat di Kota Malang ini bertambah. Sebelumnya diperkirakan sebanyak 12.000 tenaga kesehatan (nakes) yang bakal menerima vaksin booster kedua.

Akan tetapi, setelah didata oleh Dinkes Kota Malang saat ini telah dikantongi data sekitar 13.000 penerima yang meliputi para nakes dan juga yang bekerja di fasilitas kesehatan.

"Hitungan kasarnya 13.000 ya. Jadi ada nakes terus pekerja di fasilitas kesehatan, yaitu security, cleaning service dan driver," ungkapnya.

"Kemarin sudah saya sampaikan ke teman-teman untuk di data. Hari ini sudah terkumpul dan siang ini kita rekap," imbuhnya.

Diketahui, sesuai arahan Kemenkes RI, untuk penyuntikan dosis dua booster tahap awal ini diutamakan bagi para tenaga kesehatan yang paling rentang terkena Covid-19. Hal tersebut juga tertuang dalam Surat Edaran (SE) yang telah diterbitkan untuk seluruh kepala Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten se-Indonesia.

Untuk jenis vaksin yang digunakan, kata Husnul, nantinya bakal menggunakan jenis moderna dengan stok vaksin sesuai data yang ada, yakni 13.000 dosis.

Pelaksanaan, bakal dilakukan di seluruh fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di Kota Malang, yakni di 16 puskesmas, 20 rumah sakit dan 45 klinik.

"Jadi insyallah dimulai besok di semua (fasyankes). Di rumah sakit iya, di klinik iya dan di puskesmas iya," tuturnya.

Adanya pelaksanaan vaksin booster dosis kedua bagi nakes ini, Husnul menargetkan cepat, setidaknya dalam waktu satu minggu penyuntikan vaksin selesai dilakukan.

Setelah itu, tentu Dinkes Kota Malang bakal terus menggenjot vaksinasi booster atau dosis ketiga bagi masyarakat umum dengan target 70 persen di tahun ini, sembari menunggu arahan booster kedua bagi pelayan publik.

"Secepatnya seminggu ini selesai. Lainnya nanti nyusul. Kan ini petunjukknya baru nakes dulu," tandas Kadinkes Pemkot Malang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES