Indonesia Positif

Gandeng Mark Plus Institut, Polbangtan Malang Gelar Pelatihan Kewirausahaan dan Sertifikasi

Kamis, 04 Agustus 2022 - 08:48 | 29.68k
Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan dan Sertikasi bagi kelompok mahasiswa PWMP pada 3-4 Agustus 2022 di Aula Sasana Giri Sabha. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia) 
Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan dan Sertikasi bagi kelompok mahasiswa PWMP pada 3-4 Agustus 2022 di Aula Sasana Giri Sabha. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, MALANG – Kementerian Pertanian melalui Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) terus melakukan berbagai upaya untuk melakukan regenerasi petani. Salah satunya, melalui program andalan Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP). Lewat program ini, mendorong lahirnya petani milenial.

Untuk itu Polbangtan Malang menyelenggarakan Pelatihan Kewirausahaan dan Sertikasi bagi kelompok mahasiswa PWMP pada 3-4 Agustus 2022 di Aula Sasana Giri Sabha, Polbangtan Malang.

PWMP dirancang untuk membangun, penyadaran, penumbuhan, pengembangan, dan pemandirian bagi generasi muda di bidang kewirausahaan pertanian yang diwujudkan dalam bentuk bisnis, mengembangkan peluang bisnis bagi generasi muda pertanian sehingga mampu menjadi job creator di sektor pertanian, serta mendorong penumbuhan dan pengembangan kapasitas Lembaga Penyelenggara Pendidikan Pertanian sebagai center of agrisociopreneur development berbasis inovasi agribisnis.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh penerima manfaat program YESS yang berjumlah 100 orang mahasiswa Polbangtan Malang. Kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Polbangtan Malang, Andi Warnaen.

Polbangtan-Malang-a.jpg

“Program pelatihan kewirausahaan ini memang ditujukan kepada mahasiswa penerima manfaat dari program YESS, harapannya dengan kegiatan pelatihan ini, agar lebih mantap lagi dalam berwirausaha, mendapatkan ilmu-ilmu tambahan dan motivasi dalam berwirausaha”, kata Andi.

Dalam kesempatan lain, Menteri SYL menambahkan, PWMP yang dihadirkan Kementan diharapkan bisa mencetak generasi milenial menjadi seorang petani atau mendirikan startup di bidang pertanian. Menurutnya, hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil. Sebab, kaum milenial mulai sadar bahwa pertanian adalah tambang emas tanpa batas jangka panjang.

"Ke depan, generasi muda pertanian bukanlah pekerja bidang pertanian, tetapi menjadi pelaku usaha pertanian. Regenerasi petani menjadi hal yang penting dan utama sekarang ini," kata Mentan.

Pelatihan Kewirausahaan dan Sertifikasi ini menghadirkan pemateri dari Mark Plus Institut, Ferdy Hartanto selaku Senior Manager yang memberikan materi di hari pertama tentang Analisa Lingkungaan Bisnis di Industri Agribisnis, Strategi Pemasaran Produk Peternakan dan Pertanian, serta Taktik Promosi Produk Pertanian dan Peternakan. 

Pada hari kedua, tim dari Mark Plus Institut memberikan materi tentang Kreativitas dalam Bisnis, Inovasi Pengembangan Produk Peternakan, serta Kewirausahaan dan Kepemimpinan dalam Bisnis.

Harapan besar setelah mengikuti Pelatihan Kewirausahaan dan Sertifikasi ini, para mahasiswa Polbangtan Malang dapat menjadi seorang wirausaha yang memiliki daya saing. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES