Indonesia Positif

Wali Kota Minta Percepatan Pembangunan Pasar Besar Batu

Rabu, 03 Agustus 2022 - 21:33 | 27.35k
Wakil Wali Kota Batu, Ir Punjul Santoso saat meninjau proyek pembangunan Pasar Batu. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Wakil Wali Kota Batu, Ir Punjul Santoso saat meninjau proyek pembangunan Pasar Batu. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Wali Kota Batu meminta kepada PT Sasmito Surabaya untuk melakukan percepatan pembangunan Pasar Besar Batu. Meskipun hingga saat ini progress pembangunannya sudah melebihi target yang ditentukan. 

Hal ini harus dilakukan agar proyek senilai Rp 151,5 miliar ini bisa rampung bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan kepala daerah pada bulan Desember tahun 2022 mendatang. Hingga saat ini, proyek yang ditargetkan selesai selama 509 hari ini sudah masuk hitungan 219 hari.

Dengan capaian 26,972 persen dari rencana target 24,865 persen yang ditetapkan pada titik 219 hari atau terjadi deviasi percepatan sebesar 2,107 persen. Namun hitungan ini disebut masih tidak sesuai dengan percepatan yang terjadi pada bulan-bulan sebelumnya dimana percepatannya mencapai 4 hingga 6 persen.

Hal tersebut dikemukakan oleh Wakil Wali Kota Batu, Ir Punjul Santoso SH MM saat sidak ke proyek pembangunan Pasar Kota Batu, Rabu (3/8/2022).

Wakil-Walikota-Punjul-2.jpg

“Kita berharap ada percepatan pembangunan dengan penambahan pekerja agar proyek ini bisa dipercepat. Saat ini jumlah tenaga yang dikerahkan berjumlah kurang lebih 294 pekerja, bisa ditambah lagi,” ujarnya. 

Tidak hanya meminta percepatan pembangunan, Punjul menyampaikan pesan wali kota agar bangunan yang dibuat benar-benar aman dan layak untuk ditempati pedagang.

“Bahkan rencananya, wali kota akan mengajak perwakilan pedagang untuk melihat langsung proses pembangunan Pasar Batu. Sekalipun ini Pasar Tradisional kontruksi bangunan tidak kalah dengan mall,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, Eko Suhartono menegaskan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan DPKPP Kota Batu untuk terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR. Hal ini dilakukan karena proyek ini merupakan proyek nasional.

Wakil-Walikota-Punjul-1.jpg

Hal senada dikemukakan oleh Kepala DPKPP Kota Batu, Bangun Yulianto. “Kita terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR. Kementerian meminta menyiapkan manajemen pengelolaan gedung,  agar gedung yang dibangun dari anggaran pemerintah pusat itu bisa awet, bersih dan tertata dengan baik," katanya. 

Sementara itu Pengawas Manajemen Konstruksi PT Bina Karya, Andre Kurniansyah mengatakan bahwa struktur kerangka gedung dari Zona 1 hingga Zona 9 sudah berjalan.

“Zona 4 saat ini proses pembangunannya sudah hampir selesai,” ujarnya terkait perkembangan pembangunan Pasar Besar Batu. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES