Pendidikan UIN Malang

Pusat Bahasa UIN Maliki Malang Tingkatkan Kualitas Penulisan Karya Ilmiah untuk Dosen

Rabu, 03 Agustus 2022 - 22:42 | 47.25k
Seluruh dosen PKPBI saat berfoto bersama. (FOTO: Dokumentasi Pusat Bahasa UIN Maliki Malang)
Seluruh dosen PKPBI saat berfoto bersama. (FOTO: Dokumentasi Pusat Bahasa UIN Maliki Malang)

TIMESINDONESIA, MALANGEnglish Language Center (ELC) atau Pusat Bahasa UIN Maliki Malang menggelar workshop bertajuk “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Bereputasi”. Kegiatan ini diselenggarakan pada Selasa, (2/8/2022) di Gedung Rektorat Lantai 3. 

Kegiatan ini diikuti oleh 40 dosen pengampu kelas Program Khusus Pengembangan Bahasa Inggris (PKPBI). Workshop ini diisi oleh Dr. Eric Kunto Wibowo, M.A., yang ahli dalam pemanfaatan teknologi untuk kepentingan pengajaran dan penulisan karya ilmiah.

Direktur Pusat Pengembangan Bahasa UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H. M. Abdul Hamid, M.A. dalam sambutannya menerangkan bahwa program ini adalah bagian dari usaha bersama untuk mewujudkan visi misi UIN Maliki Malang dalam mewujudkan kampus Ulul Albab ini menjadi kampus unggul bereputasi internasional. Ia juga menekankan agar para dosen ini dapat mempublikasikan banyak artikel ilmiah di jurnal nasional maupun internasional.

Eric-Kunto-Wibowo.jpgDr. Eric Kunto Wibowo, M.A. saat memberikan pelatihan kepada dosen PKPBI. (FOTO: Dokumentasi Pusat Bahasa UIN Maliki Malang)

“Kami juga berharap pelatihan ini bisa menambah jumlah publikasi dosen-dosen ke jurnal yang bereputasi internasional,” harap guru besar bidang Ilmu Bahasa Arab ini.

Kegiatan ini berlangsung selama dua sesi dan dimoderatori langsung oleh Ketua ELC, Dr. Agwin Degaf, M.A. Pada sesi pertama, peserta diperkenalkan dengan software Publish or Perish (PoP) yang digunakan untuk mencari metadata (bukan fulltext) artikel ilmiah dari segala bidang yang otomatis terselubung dengan database utama seperti Crossref, Google Cendekia, PubMed, Scopus, dan Web of Science. Selain itu, peserta juga dibekali strategi dan cara mencari referensi dengan benar, cara mengunduh hasil pencarian dan menemukan jurnal yang dituju.

Di sesi kedua, Dr. Eric menjelaskan bagaimana cara menggunakan Reference Management Software (RMS). Dalam pemaparannya, dosen Universitas Widya Dharma Klaten ini menerangkan bahwa RMS dapat membantu para dosen untuk menyimpan serta mengatur referensi, memberi highlight pada catatan, membuat kutipan serta referensi secara otomatis dan bagaimana cara mengubah kutipan dengan jelas.

Agwin-Degaf.jpgDr. Agwin Degaf, M.A. saat menyerahkan cinderamata kepada Dr. Eric Kunto Wibowo, M.A. (FOTO: Dokumentasi Pusat Bahasa UIN Maliki Malang)

Dalam kesempatan ini, RMS yang digunakan adalah Zotero. Dr. Eric mengungkap bahwa Zotero dipilih karena fiturnya yang lebih beragam.

“Fitur di Zotero ini macam-macam. Misalnya bisa mengutip di Google Docs, menemukan fullteks siap unduh, mengintegrasikan Retraction Watch dan menggunakan plug-in,” terangnya saat mengisi materi.

Seluruh peserta nampak antusias dan langsung mengaplikasikan materi di laptop masing-masing. Para dosen ini mayoritas masih menggunakan cara-cara manual yang memakan banyak waktu. 

Ketua ELC, Dr. Agwin dalam kesempatan ini juga berharap agar para dosen PKPBI ini dapat mengimplementasikan ilmu yang di dapat ke dalam proyek penelitian mereka selanjutnya.

“Saya berharap seluruh dosen ini bisa menghasilkan lebih banyak artikel (proyek penelitian selanjutnya). Karena semua dosen di sini juga sudah mempelajari bagaimana cara mudah untuk memproduksi artikelnya,” harap dosen prodi Sastra Inggris UIN Maliki Malang ini. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES