Kesehatan

Buah untuk Atasi Kolesterol Tinggi

Rabu, 03 Agustus 2022 - 21:52 | 75.15k
Ilustrasi - Buah (FOTO:100buah.files.wordpress.com)
Ilustrasi - Buah (FOTO:100buah.files.wordpress.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKolesterol tinggi salah satu pemicu berbagai gangguan kesehatan. Kadar kolesterol normal padaorang dewasa adalah kurang dari 200mg/dL. 

Meningkatnya kolesterol bisa disebabkan berbagai hal, mulai dari makanan hingga kebiasaan merokok. 

Beberapa makanan dan minuman menjadi penyebab kolesterol tinggi. Yaitu telur, otak, daging, ayam, makanan laut, susu dan turunannya. Kopi, juga menjadi pemicu kolesterol tinggi lho!

Anda boleh konsumsi makanan dan minuman tersebut, namun perlu dikotrol jumlahnya. Selain itu, agar kolesterol tetap terjaga dalam ambang batas aman, sebaiknya diimbangi dengan makan buah. 

Beberapa buah berikut ini dapat menurunkan kolesterol seperti dikutip dari halodoc.

1. Pisang 
Kandungan zat inulin pada pisang dapat membantu mengurangi kolesterol yang didapat dari makanan, 

2. Apel
Apel kaya nutrisim salah satunya pektin. Pektin bertugas menyerap kolsterol dan lemak jahat yang ada di usus halus dan membawanya keluar melalui feses. 

3. Alpukat
Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yabg dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu alpukat kaya kandungan vitamin, mineral dan senyawa yang dapat menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. 

4. Jambu biji
Jambu biji mengandung kalium dan kaya vitamin C. Keduanya dappat mengontrol kolesterol jahat, tekanan dasar sekaligus meningkatkan kolesterol baik. 

5. Bit
Penelitian yang dimuat dalam Journal of Horticultural Science & Biotechnology membuktikan bahwa mengonsumsi buah-buahan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES