Peristiwa Nasional

Menengok Sakralnya Tradisi Bari'an Suro'an di Dusun Bangsri

Senin, 01 Agustus 2022 - 10:22 | 95.78k
Tradisi Bari'an Suro'an di Dusun Bangsri. (FOTO: Wisata Dampit / Defi Sasmita for TIMES Indonesia)
Tradisi Bari'an Suro'an di Dusun Bangsri. (FOTO: Wisata Dampit / Defi Sasmita for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Warga Dusun Bangsri, Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang berkumpul di mata air Sumber Tuwo, Sabtu (30/7/2022). 

Dengan pakaian terbaik, mereka akan melaksanakan tradisi bari'an suro'an. Secara turun temurun, tradisi ini sudah dilaksanakan nenek moyang warga setempat. 

suro.jpg

Tiga tumpeng besar dengan aneka sayur serta lauk pauknya telah disiapkan. Selain itu juga disiapkan tumpeng kecil-kecil dengan jumlah yang banyak. Sajian tersebut sebagai wujud syukur warga Bangsri atas limpahan karunia Tuhan YME. Nantinya hidangan itu akan dinikmati seluruh warga desa. 

Acara dimulai dengan doa bersama yang dipimpin oleh ketua adat setempat. Lalu ada hiburan, penari tradisional dan langgam Jawa. Selanjutnya warga makan bersama. 

Suroan-3.jpg

Bari'an Suro'an ini dihadiri oleh seluruh perangkat desa, Polsek Dampit, dan perwakilan anggota Dewan Kabupaten Malang, Rahmat Kartala. 

Rahmat berharap kegiatan tradisi seperti ini tidak punah. "Jadi harus selalu dilaksanakan setiap tahun agar tidak punah. Kegiatan ini merupakan kekayaan bangsa yang patut dilestarikan," ucapnya. 

Suroan-2.jpg

Sementara itu Kepala Unit Pariwisata Bumdes Pamotan, Sri Puji Astutik mengungkapkan tradisi bari'an suro'an ini selalu dilaksanakan setiap tahun. "Ya, kami selalu laksanakan setiap tahu, hanya saja karena pandemi, dua tahun belakangan nggak digelar, tapi nanti ke depannya akan rutin," jelasnya. 

Ia berharap bari'an suro'an ini dapat mengundang wisatawan ke Dusun Bangsri, Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. (*)

Suroan.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES