Peristiwa Nasional

Dulu Terlibat Terorisme, Kini Abu Bakar Ba'asyir Akui Pancasila

Rabu, 03 Agustus 2022 - 13:12 | 27.54k
Abu Bakar Ba'asyir. (FOTO: Antara)
Abu Bakar Ba'asyir. (FOTO: Antara)

TIMESINDONESIA, JAKARTAAbu Bakar Ba'asyir sudah "bertobat". Pendiri Ponpes Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo tersebut kini sudah mengakui Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia.

Ia menyebut, dulunya menilai Pancasila adalah syirik. Namun kini pandangannya berubah. Kata dia, tak mungkin para ulama pendiri bangsa menyetujui Pancasila jika memang dianggap syirik.

"Dulunya saya, Pancasila itu syirik. Saya begitu dulu. Tapi setelah saya pelajari selanjutnya, gak mungkin ulama menyetujui dasar negara syirik, itu gak mungkin," katanya dikutip TIMES Indonesia dari sebuah video, Rabu (3/8/2022).

"Indonesia berdasar Pancasila itu mengapa disetujui ulama. Karena dasarnya tauhid, Ketuhanan Yang Maha Esa. Ini pun pengertian saya terakhir," jelasnya lagi.

Video itu diunggah akun Facebook KataKita, Senin kemarin. Putra Abu Bakar Ba'asyir, Abdul Rochim, membenarkan adanya video yang beredar tersebut. Menurutnya, video diambil sekitar tiga bulan lalu.

"Itu video sudah cukup lama, sekitar tiga atau empat bulan lalu," katanya dikutip dari detikJateng.

Sebelumnya diketahui, tahun 2021 ia keluar dari jeruji besi. Ia akhirnya menghirup udara segar setelah 15 tahun dipenjara karena kasus terorisme.

Abu Bakar Ba'asyir bebas dari Lapas Gunung Sindur Jawa Barat pada Jumat 8 Januari 2021. Tak ada persyaratan yang harus ditempuh Abu Bakar usai menjalani hukuman selama 15 tahun. "Bebas secara murni," ujar Kepala Kantor Kemenkum HAM Jabar waktu itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES