Pendidikan UIN Malang

DEMA UIN Maliki Malang Ajak Seluruh UKM Kembali Bersinergi

Selasa, 02 Agustus 2022 - 14:19 | 27.46k
Kemeriahan PBAK UIN Maliki Malang tahun 2021 (FOTO: Dok. UIN Maliki Malang)
Kemeriahan PBAK UIN Maliki Malang tahun 2021 (FOTO: Dok. UIN Maliki Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN Maliki Malang mengajak seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang tergabung dalam Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) untuk membangun sinergitas di periode saat ini.

DEMA kampus Ulul Albab tersebut secara garis koordinatif memiliki hubungan dalam kegiatan keorganisasian. Jadi, sudah sepantasnya ada kolaborasi dan koordinasi yang tepat sebagai organisasi yang mewadahi kreativitas mahasiswa di lingkungan kampus.

Abdul Muhib Ridwan, Presiden Mahasiswa DEMA UIN Maliki Malang menyebut dipilihnya nama Kabinet Satya Bhakti bukan tanpa alasan. Satya yang berarti peran dan Bhakti yang berarti kebermaknaan, artinya kabinet periode ini ingin adanya keharmonisan antar ORMAWA kembali tercipta dan tidak ada dinding tinggi yang membatasi.

"Kita ingin membuat rantai harmonisasi yang baru di periode saat ini." ujar Presma yang baru dilantik bersama ketua seluruh UKM pada Kamis (2/6/2022) silam.

Salah satu upaya kegiatan sinergitasnya adalah keterlibatan UKM pada kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) yang akan dilangsungkan pada 22-23 Agustus mendatang. Tiap UKM, diminta perwakilannya untuk menjadi panitia dalam perhelatan tahunan wajib tersebut.

Dies Natalis UIN Maliki Malang yang akan terselenggara perkiraan September-November mendatang juga turut mengajak UKM untuk berkolaborasi.

Kegiatan yang dimaksudkan untuk pengganti kegiatan Inagurasi ini akan menampilkan keunggulan dan daya tarik dari masing-masing UKM. Sasaran utamanya adalah mahasiswa baru juga tentu mahasiswa lainnya. 

DEMA-UIN-Maliki-2.jpgPelantikan pengurus DEMA, SEMA, UKM periode 2022/2023 UIN Maliki Malang  (FOTO: Dok. UIN Maliki Malang)

Selain itu, DEMA turut mengajak UKM untuk berkolaborasi pada kegiatan-kegiatan lainnya seperti Camping dan juga Fest in Flow yang sudah disiapkan. Sinergi yang ingin dilakukan lebih kepada pendekatan keorganisasian yang bergandengan tangan dan ingin memaksimalkan potensi-potensi dari tiap UKM yang ada.

Wakil Presiden Mahasiswa DEMA UIN Maliki Malang, Muhammad Habibullah juga menambahkan hubungan baik juga bisa dilakukan melalui program kerja DEMA.

“Bahkan kalau bisa dilakukan, tiap proker akan melibatkan kerjasama UKM terkait, seperti bagian keamanan bisa mengandalkan UKM Menwa dan UKM Pramuka, ataupun bagian kesehatan, publikasi, dan hiburan," ujar mahasiswa Program Studi Matematika tersebut.

Sinergitas DEMA UIN Maliki Malang dengan UKM dan juga SEMA secara terperinci juga akan terjadi sembari menunggu pertemuan rutin bersama Wakil Rektor III Bidang Akademik. Dalam rapat tersebut, akan membahas rekomendasi kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan kedepannya.

Lebih lanjut, Mujib menyampaikan bahwa ia dan kabinetnya sepakat kalau setiap periodesasi ada achievement dan kenangan yang berbeda.

“Kami berharap untuk periode saat ini temen-temen UKM mengesampingkan achievement yang sudah dicapai dari periode lama. Yaudahlah pengalaman yang dulu biar berakhir masa dulu, kita sekarang ya bentuk hal baru," tambahnya saat diminta harapan sinergitas kedepan antara DEMA dan UKM UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES