Pendidikan

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang Rutin Kirim Mahasiswanya ke Thailand

Minggu, 31 Juli 2022 - 14:31 | 43.61k
Tampak depan gedung Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang (FOTO: Firda Aulia Rachmasari/TIMES Indonesia)
Tampak depan gedung Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang (FOTO: Firda Aulia Rachmasari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki Malang) melebarkan sayapnya ke kancah internasional. Hal ini senada dengan visi misi kampus yang ingin menciptakan kampus unggul bereputasi internasional.

Untuk mewujudkan ini, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang rutin mengirimkan mahasiswanya untuk mendapatkan beasiswa dan pertukaran pelajar di negeri Gajah Putih setiap tahunnya.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang, Dr. Sri Harini, M.Si., mengungkap bahwa pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Thailand. Dan kegiatan ini terus berlanjut setiap tahunnya di perguruan tinggi seperti King Mongkut’s University of Technology Thonburi (KMUTT), Mahidol University, Chulalongkorn University, Naresuan University, dan Graduate School, CU.

“Kita setiap tahun pasti kita kirim. Mahasiswa-mahasiswa kami ini akan belajar atau magang di laboratorium yang di sana (Thailand) yang memang di kampus ini kurang mendukung,” jelasnya saat ditemui di kantornya, Selasa (2/8/2022).

Fakultas-Sains-B.jpg Mahasiswa FST UIN Maliki Malang yang mendapatkan beasiswa di Thailand (FOTO: Dokumentasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang)

Rini menekankan bahwa mahasiswa yang dikirim untuk program beasiswa dan pertukaran pelajar di Thailand ini mendapatkan 95% keringanan tanpa membayar biaya perkuliahan. Selain itu, Rini mengatakan bahwa pihak universitas di Thailand sangat menyukai etos kerja dan semangat mahasiswa UIN Maliki Malang.

“Mereka itu suka mahasiswa kita. Karena anak-anak UIN Maliki Malang ini rajin. Apa yang diminta dosen itu pasti dilaksanakan. Tiap dosen meminta untuk melakukan suatu hal itu sama saja dengan peningkatan skill kompetensi,” ujar Dekan sekaligus pengajar yang ahli dalam bidang statistika ini. 

Sampai sejauh ini, sudah ada sekitar 25 alumni UIN Maliki Malang yang berhasil menyelesaikan studinya di Thailand. Juga ada beberapa mahasiswa S2 dan S3 yang melanjutkan masa studinya di beberapa perguruan tinggi di Thailand.

SAINS.jpgList mahasiswa UIN Maliki Malang yang mengikuti program beasiswa tahun 2022 di Thailand (FOTO: Dokumentasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang)

Dalam keterangannya. Rini juga menyebut bahwa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang juga turut menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi dari Jepang, Taiwan, dan Jerman. Hal ini semakin diperkuat dengan dikirimnya mahasiswa-mahasiswa yang akan menempuh pendidikan mereka di negara-negara tersebut.

Rini juga berharap agar jalinan kerjasama UIN Maliki Malang dengan universitas di Thailand dan di negara lain dapat terjalin dengan baik lewat berbagai kegiatan yang akan dilakukan ke depannya. “Semoga jalinan silaturahmi akademik dengan universitas-universitas ini tetap terjalin dengan baik dan kuat sampai nanti ada banyak program yang lainnya,” harapnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES