Glutera News

4 Vitamin Wajib untuk Penderita Asam Lambung

Senin, 01 Agustus 2022 - 10:55 | 47.45k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Vitamin untuk penderita asam lambung dapat membantu meringankan gejala dan mencegah kekambuhan kondisi tersebut. Istilah asam lambung kerap digunakan untuk menyebut penyakit refluks asam lambung, seperti heartburn dan refluks gastroesofageal (GERD).

Kondisi asam lambung dapat menyebabkan berbagai keluhan seperti nyeri ulu hti, mual, hingga nyeri dada. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda sehingga perlu dilakukan penanganan yang tepat menggunakan obat-obatan maupun vitamin dan suplemen.

Anda juga perlu melakukan perubahan gaya hidup, modifikasi diet serta berolahraga teratur agar kondisi lambung bisa terus terjaga.

Berbagai vitamin untuk penderita asam lambung. Ada beberapa vitamin untuk penderita asam lambung, di antaranya:

1. Vitamin A

Vitamin A juga termasuk vitamin yang baik untuk penderita asam lambung. Karena memiliki sifat antiradang, vitamin A mampu mengurangi gejala asam lambung dan menghindari naiknya asam lambung menuju kerongkongan.

2. Vitamin B

Salah satu vitamin untuk penderita asam lambung adalah vitamin B. Vitamin ini bisa Anda peroleh melalui konsumsi suplemen maupun beragam makanan yang mengandung vitamin B, seperti telur, daging, yoghurt, dan bayam.

Konsumsi vitamin B secara rutin baik untuk mengurangi risiko terjadinya esofagitis yang disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan. Selain itu, vitamin B juga dapat mengurangi risiko terkena kanker kerongkongan dan Barrett's Esophagus, yang merupakan komplikasi dari GERD berkepanjangan.

3. Vitamin C

Vitamin C juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan memperbaiki sel yang mengalami iritasi karena asam lambung. Memiliki sifat antioksidan. Senyawa antioksidan dapat melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan sumber penyakit yang dapat menyebabkan gejala GERD kambuh atau memburuk.

4. Vitamin E

Vitamin E dapat membantu meningkatkan imun tubuh dan menjaga kesehatan jantung serta melindungi dari memburuknya kondisi GERD. Namun, karena efek samping yang mungkin ditimbulkannya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu jika Anda hendak mengonsumsi suplemen vitamin E sebagai vitamin untuk meredakan asam lambung.

Selain vitamin, suplemen probiotik juga diketahui baik bagi penderita asam lambung. Probiotik merupakan bakteri baik yang hidup di saluran pencernaan dan berfungsi memelihara kesehatan usus.

Mengonsumsi probiotik diduga efektif untuk mengurangi gejala asam lambung. Selain itu, probiotik juga dapat menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik dan bakteri jahat dalam saluran pencernaan sehingga kesehatan pencernaan selalu terjaga. (*)

Be everlasting with glutera

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES