Pendidikan

Jadwal Kegiatan Mahasiswa Baru Poltekpar Lombok 2022, PSDP Ngapain Aja?

Selasa, 02 Agustus 2022 - 11:29 | 107.15k
Suasana kegiatan Pembinaan Sikap Dasar Profesi (PSDP) tahun akademik 2022/2023 di Poltekpar Lombok.(Foto: Humas Poltekpar Lombok)
Suasana kegiatan Pembinaan Sikap Dasar Profesi (PSDP) tahun akademik 2022/2023 di Poltekpar Lombok.(Foto: Humas Poltekpar Lombok)

TIMESINDONESIA, MATARAMPoliteknik Pariwisata Negeri Lombok atau Poltekpar Lombok menerima 322 mahasiswa baru (maba) tahun akademik 2022/2023. Para maba tersebut kemudian mengikuti Pembinaan Sikap Dasar Profesi (PSDP) yang dilakukan oleh pihak kampus mulai 31 Juli hingga 6 Agustus 2022.

Direktur Poltekpar Lombok Herry Rachmat Widjaja menyampaikan bahwa PSDP sebagai proses orientasi atau pengenalan kampus ini diperlukan untuk pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill) dan sikap (attitude). Serta ditunjang dengan fisik yang kuat, disiplin yang tinggi dan mental yang tegar.

"Proses pengenalan kampus yang kami lakukan dengan memberikan pelajaran kepada mahasiswa baru melalui beberapa materi mulai dari sosialisasi protokoler kesehatan, kepribadian dan innerbeauty beberapa pengenalan lainnya,” jelas Herry, kepada TIMES Indonesia, Selasa (2/8/2022).

Herry menerangkan, dalam pelaksanaan PSDP tahun 2022 ini diikuti 326 orang mahasiswa. Terdiri dari 322 orang mahasiswa baru dan empat orang mahasiswa lama.

"Ke-empat orang mahasiswa lama yang ikut PSDP tersebut, karena tahun lalu dinyatakan tidak mengikuti, sehingga dinyatakan tidak lulus," katanya.

PSDP-b.jpgDirektur Poltekpar Lombok Herry Rachmat Widjaja saat membuka kegiatan PSDP.(Foto: Humas Poltekpar Lombok)

Kegiatan PSDP di Poltekpar Lombok ini melibatkan berbagai pihak seperti, industri pariwisata untuk memberikan informasi bekerja di dunia pariwisata. Selanjutnya, TNI untuk melatih dan membentuk mental serta disiplin yang kuat dan tangguh para mahasiswa nantinya.

"Saya juga berharap kegiatan PSDP ini tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker dalam kegiatan,” tandas Herry.

Hal yang sama dituturkan oleh Kasubag Administrasi Akadamik dan Kemahasiswaan Poltekpar Lombok Muhammad Tangguh Sasmita. Dikatakan, PSDP menjadi kegiatan wajib yang harus diikuti setiap mahasiswa. Baik mahasiswa baru maupun mahasiswa lama yang belum mengikuti kegiatan serupa, guna mendapatkan orientasi lingkungan kampus.

“Mereka diberikan sertifikat. Sertifikat itu menjadi salah satu syarat mahasiswa di wisuda,” ujar Tangguh.

Beberapa rangkaian atau jadwal kegiatan PSDP di Poltekpar Lombok yaitu, kegiatan upacara bendara, kegiatan kelas dengan berbagai materi yang disiapkan, kerohanian, kegiatan pembinaan fisik dan mental.

Adapun materi-materi yang dibawakan diantaranya yaitu, terkait dengan kelembagaan dan aturan akademik di Poltekpar Lombok. Kemudian, penambilan dan etika, kewirausahaan, bekerja di dunia hospitality dan bahaya narkoba.

“Kegiatan PSDP Tahun 2022 ini mengambil tema Be Dicipline, Be Hospitable and Be Entreprenuer,” kata Tangguh.

Sementara, Ketua Panitia PSDP Poltekpar Lombok Tahun Akademik 2022/2023 Adhi Yulianto mengatakan, PSDP ada berbentuk teori dan praktek. Pelaksanaannya dimulai dari pukul 07.00 Wita sampai pukul 17.00 Wita.

Namun, sebelum pukul 07.00 Wita mahasiswa baru maupun mahasiswa lama sudah ada di Poltekpar Lombok. “Setiap hari masing-masing memiliki kegiatan yang berbeda-beda,” kata Adhi.

Seperti di Hari Jumat, mahasiswa baru maupun mahasiswa lama akan mengikuti kegiatan pengenalan fisik Poltekpar Lombok. Para mahasiswa akan diajak keliling seluruh bangunan Poltekpar Lombok.

Termasuk, memperkenalkan diri masing-masing ke dosen dan pegawai Poltekpar Lombok. Tujuannya, agar kedepan tidak ada mahasiswa yang tidak mengenal dosen dan pegawai Poltekpar Lombok.

“Sedangkan puncaknya pada Sabtu, 6 Agustus 2022. Kita akan gelar inagurasi atau hiburan, sekaligus penutupan kegiatan PSDP di Poltekpar Lombok,” kata Adhi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES