Indonesia Positif

FTI UMBY Sukses Gelar Seminar Internasional ICISIT 2022

Selasa, 02 Agustus 2022 - 07:40 | 38.43k
Rektor UMBY, Dr Agus Slamet STP MP ketika membuka acara ICISIT 2022 yang diselenggarakan FTI UMBY (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Rektor UMBY, Dr Agus Slamet STP MP ketika membuka acara ICISIT 2022 yang diselenggarakan FTI UMBY (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Rektor UMBY Dr Agus Slamet STP MP membuka acara International Conference on Information System and Information Technology atau ICISIT 2022. Seminar internasional yang diinisiasi oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (FTI UMBY) ini dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting, Rabu (27/7/2022).

ICISIT 2022 bertajuk Artificial Intelligence Accelerated Adoption for Society Empowerment diikuti sebanyak 158 partisipanpartisipan yang menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri. Diantaranya, Dr Mohd Nizam Husen dari Universiti Kuala Lumpur, Malaysian Institute of Information Technology dan Ir Lukito Edi Nugroho PhD dari Universitas Gadjah Mada.

Seperti diketahui, di era Society 5.0, Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan mulai digunakan di berbagai bidang dalam kehidupan manusia. Hal ini dilakukan agar dapat meringankan dan membantu pemberdayaan masyarakat. 

Adapun rangkaian Seminar dibuka oleh Zaida Azzahra selaku Master of Ceremony (MC), dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia Irfan Pratama, SKom MEng MCE. Kemudian, sambutan Dekan FTI UMBY Anief Fauzan Rozi, SKom MEng MCE dan Rektor UMBY Dr Agus Slamet, STP MP. Moderator seminar dipandu oleh Albert Yakobus Chandra, SKom MEng MTA MCE.

Dalam sambutannya, Rektor UMBY Agus Slamet mengapresiasi atas terselengaranya seminar ini. Apalagi, seminar ini membahas mengenai perkembangan teknologi.

“Seminar ini diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh seluruh peserta. Sehingga nantinya dapat memberikan kontribusi di bidang teknologi informasi,” kata Agus.

Selanjutnya, Dekan FTI UMBY, Anief Fauzan Rozi mengatakan UMBY telah mengimplementasikan penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam kurikulum program studi. “Hal ini dilakukan, agar nantinya lulusan mendapatkan bekal yang cukup, sehingga dapat bersaing nantinya,” tegas Anief.

Ketua Panitia Seminar, Irfan Pratama menambahkan, sebagai institusi perguruan tinggi pihaknya merasa perlu menyelenggarakan seminar ini. Ia berharap, materi yang disampaikan mampu membuka pemahaman lebih mendalam terkait akselerasi adopsi AI di era society 5.0 saat ini. 

“Dengan diselenggarakannya seminar ini, diharapkan dapat menjadi perantara bagi akademisi, industri, dan pemerintah sehingga dapat saling berkolaborasi dalam penelitian untuk membantu percepatan implementasi AI di era society 5.0,” papar Irfan yang juga ketua penyelenggara Seminar ICISIT 2022 yang digagas oleh FTI UMBY. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Amar Riyadi
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES