Olahraga

Patung Singo Berbalut 2,5 Ton Almunium Jadi Ikon Homebase Arema FC

Minggu, 31 Juli 2022 - 20:48 | 114.90k
Patung singa bermahkota berdiri di area Stadion Kanjuruhan Malang pada Sabtu (30/7/2022) karya seniman ISI Yogyakarta. Foto: Tria Adha/TIMES Indonesia.
Patung singa bermahkota berdiri di area Stadion Kanjuruhan Malang pada Sabtu (30/7/2022) karya seniman ISI Yogyakarta. Foto: Tria Adha/TIMES Indonesia.

TIMESINDONESIA, MALANG – Stadion Kanjuruhan Malang kini punya ikon baru.  Yakni patung kepala singa bermahkota yang di bangun di area stadion melambangkan ciri khas tim Singo Edan, Arema FC

Sang seniman patung asal Yogyakarta yakni Timbul Raharjo turut hadir untuk memantau progres pengerjaan pemasangan patung.

Timbul Raharjo mengatakan, patung kepala singa bermahkota tersebut dibuat karena permintaan salah seorang Aremania bernama Shobir yang begitu cinta dengan Arema. 

arema.jpg

“Jadi patung itu saya bentuk dan saya beri nama singa kubisme. Kubisme itu tidak realis kalau dari sudut pandang seni patung," kata Timbul, Sabtu (30/07/2022).

Timbul menambahkan bahwa patung singa bermahkota tersebut memakan waktu 2 bulan dalam pengerjaannya. 

“Patung ini pengerjaannya dua bulan setelah ada persetujuan dari Aremania yakni Shobir, dan Saya pasang hari ini," tambah Timbul.

Timbul juga menceritakan jika patung karyanya tersebut terbuat dari bahan aluminium dipadu dengan penyangga dari hiasan keramik.

“Patung kepala singa itu terbuat dari aluminium ditambah dengan kombinasi keramik untuk penyangga atau pedestalnya," cerita pematung dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta itu.

arema-c.jpg

Patung singa ini memiliki total berat mencapai 2,5 ton. Rinciannya, mahkota yang ada di kepala singa seberat 1 ton, dan kepala singa beratnya 1,5 ton dan membutuhkan 30 orang seniman.

Patung singa bergaya kubisme itu sendiri dikerjakan seluruhnya di Yogyakarta dan datang di Malang pada Sabtu (30/07/2022) pagi. 

Patung ini dipasang bersamaan dengan laga kandang perdana Arema FC melawan PSIS Semarang.

Menurut Timbul, patung ikon klub Arema FC itu tidak akan dicat, jadi warnanya akan asli warna aluminium. Karena menurutnya warna sintetis akan mudah hilang. Untuk harga dari patung ini sendiri sangatlah fantastis, pengerjaan patung ini menghabiskan dana sebesar Rp 500 juta.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES