Glutera News

Rutin Stretching Atasi Badan Sering Pegal dan Kaku

Minggu, 31 Juli 2022 - 13:10 | 22.73k
Rutin Stretching Atasi Badan Sering Pegal dan Kaku
Ilustrasi (Foto: Gluteranews)
Editor: Dhina Chahyanti

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jika Anda merasa tubuh kaku dan tidak lentur sama sekali, Anda bukan satu-satunya. Banyak orang merasa tubuhnya tidak fleksibel apabila mengalami masalah, seperti paha, bahu, atau otot tegang, badan kaku dan tidak gesit, serta gerakan fisik terbatas.

Stretching atau peregangan otot adalah aktivitas yang dilakukan untuk menjaga otot-otot tubuh tetap lentur, kuat dan, sehat. Terdapat beragam jenis stretching yang bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Stretching umumnya dilakukan sebagai gerakan pemanasan dan pendinginan setelah berolahraga. Kendati demikian, stretching juga bisa dilakukan walau Anda tidak sedang berolahraga. Anda justru disarankan untuk melakukan stretching atau peregangan setidaknya 3 kali dalam seminggu, masing-masing selama 60 detik.

Jenis gerakan stretching 

Jarang disadari, sebenarnya gerakan stretching adalah gerakan yang banyak dijumpai di berbagai program kebugaran tubuh. Adapun beberapa jenis stretching adalah sebagai berikut:

1. Stretching statis
Pertama, ada stretching statis yang biasanya dilakukan sekitar 10 hingga 30 detik lamanya. Posisinya sendiri cukup menantang tetapi nyaman dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Dapat dikatakan, stretching statis merupakan gerakan peregangan dasar paling umum yang banyak ditemukan dalam latihan kebugaran.

Sementara itu dilihat dari manfaatnya, tujuan utama dari stretching statis adalah untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh secara keseluruhan sekaligus memperbaiki rentang gerak dalam gerakan fungsional seperti olahraga dan aktivitas sehari-hari.

2. Stretching dinamis
Sesuai namanya, stretching dinamis adalah jenis peregangan, dimana gerakannya mengharuskan Anda untuk melalui berbagai tantangan, namun nyaman untuk dilakukan hingga berulang kali dan biasanya berlangsung hingga 10-12 kali. Walau termasuk dinamis, jenis stretching ini memerlukan koordinasi yang jauh lebih tinggi daripada peregangan statis.

Pada praktiknya, stretching dinamis sangat digemari oleh para atlet, instruktur, pelatih dan terapis fisik lantaran berbagai manfaatnya yang berfokus pada peningkatan rentang fungsional gerak dan mobilitas, baik dalam olahraga maupun kehidupan sehari-hari.

3. Stretching pasif
Berbeda dengan 2 macam stretching sebelumnya, jenis yang satu ini dilakukan dengan semacam bantuan untuk membantu Anda mencapai peregangan secara maksimal. Nah maksud dari bantuan tersebut dapat meliputi berat tubuh, gravitasi, tali, orang lain, atau bahkan perangkat peregangan khusus.

Stretching pasif akan membantu Anda untuk mengendurkan otot dengan bergantung pada kekuatan eksternal. Mengingat stretching pasif menggunakan bantuan eksternal, maka pastikan untuk selalu berhati-hati demi menghindari risiko cedera.

4. Stretching aktif
Berkebalikan dengan peregangan pasif, stretching aktif tidak memerlukan bantuan eksternal namun akan melibatkan kontraksi otot yang berlawanan dengan otot yang Anda regangkan. Itu artinya, otot lain akan mempengaruhi pengenduran otot yang Anda regangkan.

Perlu diingat, stretching aktif bisa jadi sangat menantang mengingat kekuatan otot Anda sangat dibutuhkan untuk dapat menghasilkan peregangan. Meski demikian, risiko stretching aktif cukup rendah karena Anda hanya mengandalkan kekuatan internal. Bisa jadi salah satu gerakan pendinginan yang dapat Anda coba selanjutnya!

5. Stretching isometrik
Dalam stretching isometrik, Anda akan menolak peregangan dengan cara menarik otot ke posisinya. Meski demikian, stretching isometrik merupakan metode peregangan paling aman dan efektif untuk memperkuat tendon, meningkatkan jangkauan sendi gerak, serta ligamen dengan tetap mempertahankan fleksibilitas mereka.

6. Proprioceptive Neuromuscular Facilitation (PNF)
Terakhir ada Proprioceptive Neuromuscular Facilitation (PNF) yang menggabungkan gerakan stretching isometrik, statis, sekaligus pasif untuk mendorong tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi. PNF merupakan bentuk lanjutan dari latihan fleksibilitas yang dapat membantu seseorang dalam meningkatkan kekuatan.

Untuk melakukannya, Anda perlu meregangkan melakukan kontraksi secara isometrik melawan hambatan dengan posisi berbaring, otot pasif, dan melakukan stretching pasif melalui peningkatan jangkauan yang dihasilkan dari gerakan. 

Manfaat stretching bagi tubuh

Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh dari stretching

1. Meningkatkan fleksibilitas
Stretching yang dilakukan secara teratur bisa membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda secara keseluruhan. Dengan tubuh yang lentur, melakukan aktivitas sehari-hari juga akan terasa lebih mudah dan nyaman. Selain itu, peningkatan fleksibilitas juga dapat menurunkan risiko kesulitan bergerak akibat penuaan.

2. Mengurangi stres
Gaya hidup yang cenderung tidak banyak bergerak bisa menyebabkan otot-otot menjadi menegang. Bila Anda sedang stres, otot-otot yang menegang ini bisa memperparah stres yang Anda alami.

Dengan melakukan stretching secara rutin, otot-otot yang tegang dan kaku akibat tidak banyak bergerak bisa melemas, sehingga Anda bisa menjadi lebih rileks dan stres akan berkurang.

3. Memperbaiki postur tubuh
Ketidakseimbangan tegangan otot dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk, misalnya skoliosis. Dengan melakukan stretching, Anda bisa memulihkan kembali ketegangan otot-otot yang tidak seimbang. Jika dilakukan dengan rutin, stretching bisa membantu postur tubuh Anda menjadi lebih baik.

4. Meningkatkan aliran darah ke otot
Stretching juga bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke otot-otot di seluruh tubuh. Jika aliran darah ke otot lancar, pemulihan otot setelah Anda melakukan berbagai aktivitas fisik, seperti berolahraga, bisa lebih cepat dan risiko nyeri otot juga akan menurun.

Demikian pembahasan seputar jenis-jenis dan manfaat gerakan stretching. Mengingat latihannya terbilang ringan, mudah dilakukan, dan tidak membutuhkan banyak waktu, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Bila memang tertarik menambahkan gerakan baru, tak ada salahnya untuk menambahkannya dalam rutinitas olahraga Anda. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Sholihin Nur

EKORAN

TERBARU

  • Lomba Ikonik Tujuh Belasan, Mana Favorit Anda TIMES Lovers?
    Lomba Ikonik Tujuh Belasan, Mana Favorit Anda TIMES Lovers?
    14/08/2022 - 02:45
  • Karapyak Beach Pangandaran and the Legend Behind
    Karapyak Beach Pangandaran and the Legend Behind
    14/08/2022 - 01:11
  • Promo Fantastis Luminor Hotel Jember pada Hari Pramuka dan 17 Agustus
    Promo Fantastis Luminor Hotel Jember pada Hari Pramuka dan 17 Agustus
    14/08/2022 - 00:21
  • Punya Kuliner Luar Biasa, Hasto Ingin UMKM Medan Semakin Diperkuat
    Punya Kuliner Luar Biasa, Hasto Ingin UMKM Medan Semakin Diperkuat
    13/08/2022 - 23:22
  • Kenakan Batik Lokal, Puluhan Pegawai Pemkab Probolinggo Lihai di Atas Catwalk
    Kenakan Batik Lokal, Puluhan Pegawai Pemkab Probolinggo Lihai di Atas Catwalk
    13/08/2022 - 23:06

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Pers Perjuangan di Era Klik
    Pers Perjuangan di Era Klik
    13/08/2022 - 19:12
  • Idealitas Ruang Publik dalam Citayam Fashion Week
    Idealitas Ruang Publik dalam Citayam Fashion Week
    11/08/2022 - 16:16
  • Diskresi SKB 4 Menteri di Tengah Pandemi
    Diskresi SKB 4 Menteri di Tengah Pandemi
    11/08/2022 - 15:58
  • Bergerak dengan Hati hingga Menjadi Dambaan Hati
    Bergerak dengan Hati hingga Menjadi Dambaan Hati
    11/08/2022 - 13:29
  • Pekan ASI: Ayo Kerja Sama Mengasihi!
    Pekan ASI: Ayo Kerja Sama Mengasihi!
    10/08/2022 - 16:40
  • Pendampingan UKM dan Kolaborasi Kegiatan Inisiasi Eduwisata Bersama Kampus UMM
    Pendampingan UKM dan Kolaborasi Kegiatan Inisiasi Eduwisata Bersama Kampus UMM
    10/08/2022 - 15:09
  • Kali ini Bagong yang Resah
    Kali ini Bagong yang Resah
    10/08/2022 - 09:13
  • Jangan Gampang Mengkafirkan
    Jangan Gampang Mengkafirkan
    10/08/2022 - 00:51

KULINER

  • Bancakan Sak Tempeh di Java Lotus Hotel, Sajian Ragam Kudapan Pandhalungan
    Bancakan Sak Tempeh di Java Lotus Hotel, Sajian Ragam Kudapan Pandhalungan
    13/08/2022 - 16:56
  • Berlumur 15 Bumbu Rahasia, Rasakan Kelezatan Mih Kocok Mang Dadeng di Kota Bandung
    Berlumur 15 Bumbu Rahasia, Rasakan Kelezatan Mih Kocok Mang Dadeng di Kota Bandung
    13/08/2022 - 12:56
  • Resep Ayam Popcorn Renyah, Cocok Buat Bekal Anak
    Resep Ayam Popcorn Renyah, Cocok Buat Bekal Anak
    12/08/2022 - 04:00
  • Kembange Kopi, Inovasi Banyuwangi Kembangkan Ekonomi Kopi Rakyat
    Kembange Kopi, Inovasi Banyuwangi Kembangkan Ekonomi Kopi Rakyat
    11/08/2022 - 16:21
  • Es Krim Rasa Saos Tomat atau Jadi Incaran Warga Inggris
    Es Krim Rasa Saos Tomat atau Jadi Incaran Warga Inggris
    11/08/2022 - 05:17