Kesehatan

Pengidap Diabetes, Hati-hati dengan Makanan Berikut

Minggu, 31 Juli 2022 - 06:37 | 156.14k
Ilustrasi: Gula dan stetoskop. (FOTO: Jcomp/Freepik)
Ilustrasi: Gula dan stetoskop. (FOTO: Jcomp/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTADiabetes merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak hingga orang tua. Penyakit ini umumnya menyerah tingkat gula dalam darah yang bisa berakibat fatal pada kesehatan tubuh komplikasi berbagai penyakit hingga penyakit jantung yang mematikan.

Nah, ada beberapa cara menghindarkan diri dari serangan diabetes.salah satuny amneghindari mengkonsumsi makanan tinggi gula. Nah makanan apa saja yang wajib dihindari, dilansir dari Healthline yuk cek daftarnya berikut.

1. Tepung-tepungan

Makanan yang terbuat dari tepung seperti roti, mie, pasta, bahkan nasi putih  atau tepung gorengan, tepung ayam goreng krispy dan sejeninsnya merupakan makanan yang wajib dihindari. Makanan ini bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat.

2. Minuman berkadar gula tinggi

Minuman kemasan seperti jus kemasan, soda, the kemasan dan lain sebagainya memiliki kandungan gula yang tinggi. Meskipun di kemasannya sudah tertulis zero sugar atau less sugar, tetapi nyatanya minuman-minuman tersebut juga masih mengandung gula di dalamnya.

Bahkan saat mengidap diabetes, jus buah juga sebaiknya dihindari. Anda disarankan mengonsumsi buah-buahan secara langsung dairpada harus memprosesnya terlebih dahulu menjadi jus. Alkohol juga menjadi minuman yang wajib anda hindari karena juga mengandung gula yang tinggi.

3. Frozen food

Makanan seperti sosis, tempura, nuget, meski memiliki kandungan protein yang tinggi juga perlu anda hindari. Hal ini dikarenakan dalam makanan yang telah diproses tersebut terdapat zat tambahan lain seperti gula dan pengawet.

4. Makanan yang digoreng

Segala makanan yang digoreng termasuk gorengan sendiri, french fries, mozarella stick, daging atau ikan goreng, kerupuk dan keripik lebih baik dihindari. Cobalah mengkonsumsi makanan yang direbus tanpa bumbu.

Selain beberapa makanan yang wajib dihindari bagi penderita Diabetes diatas yang paling penting adalah mengurngi konsumsi gula harian dan mengetahui seberapa tinggi kandungan gula dalam tiap makanan anda. Perlu anda ketahui, segala jenis makanan termasuk daging dan tumbuhan memiliki gula alami dalam dalam nilai kandungan gizi mereka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES