Pendidikan

Gandeng PWNU Jatim, Unuja Probolinggo Siapkan Sertifikasi Kompetensi Keagamaan

Sabtu, 30 Juli 2022 - 16:03 | 63.33k
Kampus Universitas Nurul Jadid, Paiton, Kabupaten Probolinggo (foto: Humas Unuja)
Kampus Universitas Nurul Jadid, Paiton, Kabupaten Probolinggo (foto: Humas Unuja)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Universitas Nurul Jadid atau Unuja Probolinggo, Jatim, menginisiasi pendirian lembaga sertifikasi kegamaan, bekerjasama dengan beberapa lembaga dan badan otonom PWNU Jawa Timur (PWNU Jatim).

Sertifikasi keagamaan yang dimaksud meliputi empat bidang. Yaitu sertifikasi kompetensi Furudul Ainiyah dan Kepesantren, bekerjasama dengan Rabithah Ma’ahid Islam atau RMI Jatim. Kemudian sertifikasi kompetensi Baca Tulis Alquran, bekerjasama dengan Jam’iyyatul Qurra Wal Huffadz atau JQHNU Jatim.

Ada pula sertifikasi kompetensi Keaswajaan, yang bekerjasama dengan Aswaja NU Centre PWNU Jawa Timur.

Wakil Rektor III Unuja Probolinggo, Noer Fadli Hidayat mengatakan, empat bidang itu akan menjadi kompetensi khusus yang dimiliki oleh lulusan, yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi oleh lembaga mitra tersebut.

Namun sebelum menerbitkan sertifikat kompetensi, RMI, JQHNU dan Aswaja NU Centre akan melakukan uji kompetensi terhadap calon lulusan kampus pimpinan KH Abdul Hamid Wahid tersebut.

“Bagi yang lulus (uji kompetensi, Red) akan mendapatkan sertifikat resmi dari masing-masing mitra itu. Standar kompetensinya sudah dirumuskan, sudah disepakati untuk tingkat mahasiswa,” kata Fadli kepada TIMES Indonesia.

Dikutip dari unuja.ac.id, Ketua PW RMINU Jatim, KH M. Iffatul Lathoif, mengapresiasi atas kerjasama yang telah terbangun. Menurutnya, kerjasama seperti ini penting dilakukan bersama-sama dengan pesantren.

“Bukan hanya dengan Nurul Jadid, tapi ke depannya dengan pesantren-pesantren lain di Jawa Timur, bahkan di seluruh Indonesia. Apalagi pesantren kita tahu selama ini menjadi lembaga yang memiliki misi dakwah, misi pendidikan, dan misi pemberdayaan masyarakat,” katanya.

Unuja Probolinggo merupakan kampus yang berada di lingkungan Ponpes Nurul Jadid, Paiton, Kabupaten Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES