Gaya Hidup

Kenali Efek Zeigarnik, Saat Orang Lebih Suka Mengingat Pekerjaan yang Belum Selesai

Sabtu, 30 Juli 2022 - 01:25 | 71.76k
Ilustrasi - Seseorang saat mengingat sesuatu yang belum selesai ia kerjakan (Foto: Freepik.com)
Ilustrasi - Seseorang saat mengingat sesuatu yang belum selesai ia kerjakan (Foto: Freepik.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pernahkah anda merasa tiba-tiba teringat dengan sesuatu yang belum selesai dikerjakan dibandingkan hal yang sudah selesai dikerjakan? Hal ini sangat lumrah terjadi kepada setiap orang. Namun, tahukah anda jika fenomena seperti ini mempunyai istilah unik dalam dunia psikologi?

Zeigarnik effect, adalah sebuah istilah yang digambarkan bagi seseorang yang sering mengingat sesuatu yang belum diselesaikan. Istilah ini masih cukup asing bagi banyak orang.

Akan tetapi, hal ini nyaris dialami oleh setiap orang di seluruh dunia. Efek ini membuat seseorang menjadi tegang karena respon otak yang terus menerus mengingat dan mendorongnya untuk segera menyelesaikannya.

Ketika sedang menonton sebuah serial yang bersambung, biasanya otak akan menstimulasi dan berpikir, “Apa yang akan terjadi selanjutnya?”, “Apakah akan mempunyai akhir yang bahagia?”, dan semacamnya. Hal ini membuat seseorang akan terus memikirkan serial ini hingga terkadang bisa masuk ke alam bawah sadarnya.

Dikutip dari laman resmi Alodok, beberapa faktor yang menyebabkan kemunculan efek ini adalah motivasi, ekspektasi akan sesuatu, hingga dampak tugas atau pekerjaan yang signifikan. Tapi tidak perlu khawatir, fenomena unik ini tidak termasuk dalam gangguan kejiwaan.

Dalam beberapa kasus, Zeigarnik effect dapat berdampak buruk pada kesehatan orang yang mengalaminya. Bahkan efek ini juga dapat menyebabkan stres dan gangguan tidur.

Seseorang yang sedang mengalami Zeigarnik effect ini akan mempunyai pemikiran yang intrusif atau mengganggu kepala. Hal inilah yang menyebabkan seseorang dapat mudah stres dan cemas ketika mengalami efek ini.

Kendati demikian, Zeigarnik effect juga memiliki dampak positif, diantaranya:

  1. Memotivasi seseorang untuk segera menyelesaikan pekerjaan atau tugasnya.

  2. Meningkatkan produktivitas kerja.

  3. Menghilangkan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan.

  4. Mencegah stress karena kebiasaan menunda-nunda pekerjaan atau prokrastinasi.

  5. Meningkatkan kepercayaan diri dan kepuasan pribadi setelah menyelesaikan tugas.

Anda juga bisa mulai memanfaatkan Zeigarnik effect ini dengan baik. Caranya adalah dengan memulai untuk belajar secara bertahap dan selingi dengan istirahat.

Kemudian, anda juga bisa memulai pekerjaan apa dahulu yang harus diselesaikan dengan cepat. Dengan demikian, anda bisa lebih mengontrol pikiran dan sugesti dalam otak anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES