Peristiwa Internasional

Herpes Juga Menyerang Gajah, Tiga Ekor Mati di Swiss

Jumat, 29 Juli 2022 - 16:13 | 55.01k
Kebun binatang Zurich sekarang hanya memiliki lima gajah Asia yang berkeliaran di kandang gajah seluas 11.000 meter persegi (118.400 kaki persegi). (FOTO: Al Jazeera/AFP)
Kebun binatang Zurich sekarang hanya memiliki lima gajah Asia yang berkeliaran di kandang gajah seluas 11.000 meter persegi (118.400 kaki persegi). (FOTO: Al Jazeera/AFP)

TIMESINDONESIA, JAKARTAHerpes tidak hanya menyerang manusia, gajahpun juga terinfeksi seperti di kebun binatang di Zurich, Swiss, yang telah membunuh tiga ekor dalam sebulan ini.

Para ahli di Swiss mengatakan mereka tidak tahu bagaimana caranya menghentikan penyebaran virus yang membunuh gajah-gajah muda itu.

Umesh, gajah jantan berumur dua tahun adalah yang pertama mati karena virus herpes endotheliotropic gajah (EEHV) pada akhir Juni. Beberapa hari kemudian gajah betina, Omysha berusia delapan tahun juga mati.

Sabtu lalu, Ruwani, betina berusia lima tahun dari kawanan matriarkal kedua, juga menjadi korban virus herpes, yang tersembunyi di hampir semua mamalia raksasa itu.

Dilansir Al Jazeera, infeksi herpes itu menyebabkan pendarahan internal dan kegagalan organ, hingga menyebabkan kematian dalam beberapa hari. "Masalahnya dengan virus ini, tidak banyak yang bisa kita lakukan," kata kurator kebun binatang Pascal Marty.

"Ada metode pemberian obat antivirus, tapi ini belum terbukti sangat efektif. Sekitar 30 persen gajah yang bertahan hidup. Ketidakberdayaan seperti inilah yang kami rasakan karena kami tidak bisa benar-benar mengobatinya," katanya.

Kebun-binatang-Zurich-2.jpg

Gajah muda antara usia dua hingga delapan tahun sangat rentan terhadap virus herpes karena perlindungan yang diberikan oleh antibodi ibu mereka menurun dan sistem kekebalan mereka sendiri mungkin tidak membentuk antibodinya sendiri.

Lima gajah Asia yang tersisa di kebun binatang, semuanya dewasa, diizinkan untuk menghabiskan beberapa jam berkumpul di dekat sisa-sisa anggota keluarga dan teman muda mereka.

Marty mengatakan, penting untuk memberi hewan-hewan itu “waktu yang cukup untuk mengucapkan selamat tinggal”.

"Sangat sulit untuk mengatakan apakah mereka sedih atau tidak, karena kesedihan adalah sesuatu yang manusiawi," katanya.

Namun dia menekankan bahwa karena gajah adalah hewan yang sangat sosial, sangat penting bagi mereka untuk memiliki kesempatan untuk menyadari ketika anggota kawanan mereka tidak lagi hidup.

"Sangat penting bagi mereka untuk memiliki penutupan untuk memahami bahwa individu ini bukan bagian dari kelompok kami lagi," katanya lagi.

Kurang dari seminggu setelah kematian terakhir, gajah-gajah yang tersisa di kebun binatang itu tampak tidak peduli tentang aktivitas sehari-hari mereka, mulai dari berenang di kolam besar hingga mencari makanan.

Mereka menyelipkan belalai mereka ke dalam lubang, di mana program komputer secara acak mendistribusikan wortel dan rumput kering, bertujuan untuk membuat hewan berjalan dan mencari makanan seperti di alam liar.

Pihak Kebun binatang mengatakan, ada risiko penyakit yang rendah untuk gajah yang tersisa, dengan Farha sekarang yang termuda pada usia 17 tahun, meskipun semua hewan akan terus dipantau.

Kebun binatang Zurich membuka kandang gajah baru seluas 11.000 meter persegi (118.400 kaki persegi) pada tahun 2014, memberikan kawanannya enam kali lebih banyak ruang daripada sebelumnya.

Tapi delapan tahun kemudian, kebun binatang itu mengakui bahwa mereka sedang mengalami "hari-hari yang sulit".

"Sangat membuat frustrasi karena kami tidak berdaya melawan virus ini, meskipun ada perawatan hewan terbaik melalui rumah sakit hewan universitas di Zurich," kata direktur kebun binatang Severin Dressen dalam sebuah pernyataan.

Bhaskar Choudhury, seorang dokter hewan dan anggota International Union for Conservation of Nature (IUCN) Asian Elephant Specialist Group, mengatakan “epidemiologi penyakit ini masih belum jelas”.

"Virus ini ditumpahkan sebentar-sebentar oleh gajah. dewasa tetapi dengan frekuensi yang meningkat selama periode stres, yang dianggap sebagai sumber infeksi untuk anak gajah muda,” katanya kepada AFP.

"IUCN sangat prihatin dengan kematian di seluruh dunia di penangkaran dan terlebih lagi di alam liar," ujarnya.

Gajah Asia, yang dapat hidup hingga umur  60 tahun-an, terdaftar oleh IUCN sebagai spesies yang terancam punah, dengan hanya sekitar 50.000 yang tersisa di alam liar.

Deforestasi, urban sprawl dan pembangunan pertanian telah merampas habitat alami mereka, perburuan dan perdagangan gading ilegal juga mengancam banyak kawanan gajah.

“Populasinya menurun hampir di mana-mana,” kata Marty dengan menambahkan, bahwa untuk alasan konservasi, sangat penting untuk memiliki populasi gajah Asia yang baik dan sehat di Eropa”.

Kebun binatang Zurich, lanjutnya, memiliki salah satu kandang gajah paling modern di dunia, dan berniat melanjutkan misinya untuk membiakkan mereka. Dia menggambarkan gajah di taman sebagai "mitra" dalam mendidik orang tentang masalah yang dihadapi gajah liar.

"Gajah di kebun binatang ini memiliki peran penting sebagai duta bagi spesiesnya sendiri," tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES