Olahraga

Sirkuit Jotosanur Kodim 0812/Lamongan Dilaunching

Jumat, 29 Juli 2022 - 14:56 | 47.70k
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi didampingi jajaran Forkopimda melepas balon sebagai tanda launching Sirkuit Jotosanur Kodim 0812/Lamongan, Jumat (29/7/2022), Foto : Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi didampingi jajaran Forkopimda melepas balon sebagai tanda launching Sirkuit Jotosanur Kodim 0812/Lamongan, Jumat (29/7/2022), Foto : Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGANSirkuit Jotosanur Kodim 0812/Lamongan yang akan digunakan untuk perhelatan Kejurnas Morocross Indonesia Indomax National Championship resmi dilaunching, Jumat (29/7/2022). 

Sirkuit dengan layout, lahan parkir dan paddock yang berstandar nasional bahkan mendekati sirkuit Motocross Grand Prix (MXGP) ini diharapkan bisa menggairahkan event motocross di Lamongan. 

Tak hanya itu, sirkuit ini juga diharapkan mampu menggairahkan sport tourism (parwisata) yang ada di Kabupaten Lamongan. Sehingga bisa menarik dan merangsang investor bidang perhotelan di Kota Soto. 

Hal ini disampaikan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat melaunching Sirkuit Jotosanur Kodim 0812/Lamongan dengan didampingi jajaran Forkopimda dan IMI (Ikatan Motor Indonesia) Lamongan. 

"Kita harapkan dengan event ini dan sirkuit ini, nantinya akan menggairahkan even motor cross di Kabupaten Lamongan. Serta melahirkan bibit-bibit crosser baru yang berasal dari Lamongan," kata Pak Yes. 

Sirkuit terpanjang di Indonesia yang pembangunanya diprakarsai Kodim 0812/Lamongan, Pemkab Lamongan dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) sejalan dengan program prioritas Gerakan Membangun Pariwisata Ramah dan Terintegrasi (Rama Sinta) dari Bupati Lamongan. 

Dari program tersebut, bagaimana menggabungkan sektor olahraga dan sport tourism (pariwisata). Oleh karena itu, sirkuit tersebut juga diharapkan mampu meningkatkan gairah perekonomian di Kabupaten Lamongan.

"Ini salah satu contoh wujud integrasi sektor dengan sport tourism dan luar biasa tidak main-main. Ini kejuaraan nasional, ternyata sudah mengungkit ekonomi. Buktinya hotel-hotel sudah full booking semua. Dan sudah kita chek semua, bahkan ada yang harus menginap di luar kota," ujarnya. 

Bupati-Lamongan-2.jpg

Pak Yes juga memimpikan lokasi dibangunnya Sirkuit Jotosanur Kodim 0812/Lamongan bisa dikembangkan menjadi Sport Center. Agar kedepan bisa dimanfaatkan untuk mengungkit, mendongkrak dan mengenalkan potensi Lamongan. 

"Saya minta khususnya kepada Kadispora (Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga) dan Ketua KONI Lamongan untuk memanfaatkan lokasi ini. Karena disini ada lapangan tembak yang digunakan altet panahan. Kita juga ditawari even nasional Volly Pantai, kan tinggal ngasih pasir. Serta cabang olahraga lainnya," ucap Pak Yes. 

Sementara itu, Dandim 0812/Lamongan Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf menyampaikan, sirkuit tersebut bukan semata-mata milik kodim. Menurutnya, pihaknya hanya memfasilitasi kegiatan pembangunannya. 

"Intinya demi kemajuan Lamongan, kami siap membantu dan memfasilitasi. Jadi sirkuit ini bukan semata-mata punyanya kodim karena yang membangun bukan kodim," kata Letkol Kav Endi. 

Endi berharap, sirkuit tersebut jadi milik bersama bukan hanya tanggungjawab Kodim saja. "Mari kita jaga dan gunakan bersama - sama selama itu untuk kepentingan bersama. Semoga even Kejurnas Motocross di Sirkuit Jotosanur Kodim 0812/Lamongan ini bisa menjadi contoh daerah lain," ucap Letkol Kav Endi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES