Pendidikan

Angkat Industri Halal, Mahasiswa Syariah UIN KHAS Jember Raih Juara Kompetisi Skripsi Terbaik

Jumat, 29 Juli 2022 - 10:37 | 59.98k
Afifatul Munawiroh, mahasiswi prodi HES yang sukses menyabet gelar juara dalam ajang Kompetisi Skripsi Terbaik Tahun 2022 Periode 2 Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. (Foto: Fakultas Syariah for TIMES Indonesia)
Afifatul Munawiroh, mahasiswi prodi HES yang sukses menyabet gelar juara dalam ajang Kompetisi Skripsi Terbaik Tahun 2022 Periode 2 Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. (Foto: Fakultas Syariah for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Mahasiswa Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Afifatul Munawiroh sukses menyabet gelar juara dalam ajang Kompetisi Skripsi Terbaik Tahun 2022 Periode 2.

Afif, sapaan akrabnya, merupakan delegasi dari Program Studi (Prodi) Hukum Ekonomi Syariah (HES) yang diikutkan di dalam kompetisi akademik tersebut.

Mengikuti kompetisi itu, Afif menjagokan skripsinya yang berjudul Rethinking Halal: Telaah Konsep dan Pengaturan Halal di Indonesia.

Skripsinya tersebut berhasil memperoleh nilai kepenulisan hampir sempurna, yakni 98.

Penghargaan yang diterima Afif tersebut diumumkan dalam Yudisium ke-20 Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember oleh Hesti Widoyo Palupi, S.E., M.M., beberapa waktu lalu.

Afif sendiri menyatakan ketertarikan untuk meneliti mengenai masalah industri halal muncul mulai semester 2.

“Saya tertarik untuk meneliti terkait industri halal mulai semester 2, dan saya fokus meneliti hingga masa akhir studi. Akhirnya, untuk skripsi saya juga ambil tema tersebut,” ungkap mahasiswi prodi HES Angkatan 2018 tersebut.

Dalam skripsinya, Afif membahas mengenai garis pertumbuhan konsep dan pengaturan halal terhadap suatu produk yang ditetapkan di Indonesia.

“Substansi dari skripsi saya adalah mendeskripsikan terkait genealogi konsep halal di Indonesia. Hingga, sampai saat ini sudah ada dan ditetapkan beberapa regulasi terkait produk halal,” imbuhnya.

Afif menyelesaikan skripsinya dalam rentang waktu 10 bulan. 

Demikian, usaha keras dalam menulis skripsinya dengan memakan waktu yang lama membuatnya bisa meraih penulis skripsi terbaik dalam kompetisi kali ini.

“Jujur waktu tahu rasanya tuh kaget banget dan sempat tidak percaya. Karena memang kompetitor hebat-hebat,” ucap pemenang kompetisi skripsi terbaik itu.

Afif juga berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk selalu konsisten dan pantang menyerah dalam segala aktivitas.

“Pesannya adalah selalu konsisten dan jangan menyerah dalam mengerjakan sesuatu. Karena sesungguhnya kegigihan akan membawa pada kesuksesan,” pesan Afif yang sering mengikuti konferensi penelitian tersebut.

Dr. Mahmudah, M.E.I. sebagai Dosen Pembimbing menyatakan selama membimbing Afif, dirinya kagum dengan sosok Afifi yang semangat dan gigih dalam menyelesaikan skripsinya. 

Dr. Mahmudah juga menyatakan bahwa Afif mempunyai potensi besar di bidang tulis menulis.

“Mbak Afif anaknya rajin dan mau belajar untuk lebih baik, untuk menyelesaikan skripsi dengan tema tersebut bukan sesuatu yang mudah tapi mbak Afifah mau berusaha menyelesaikan dengan sebaik mungkin, termasuk tantangan saya untuk beli buku berbahasa Inggris sengaja referensi utama skripsinya,” tutur Dr. Mahmudah yang juga Dosen Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Sebagai Dosen Pembimbing, Dr. Mahmudah tentu merasa sangat bersyukur dan bangga bahwa anak bimbingannya mampu meraih gelar skripsi terbaik. 

“Alhamdulillah, sudah selayaknya dan itu sebanding dengan effort yang mbak Afifah lakukan, dia telah berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi yang terbaik, semoga ini menjadi penyemangat mbak Afifah untuk menjadi lebih baik,” ujar Dr. Mahmudah.

Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil. I., sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember mengapresiasi penghargaan yang diraih oleh Afif. Kerja keras dan keinginan belajar yang tinggi menjadi bagian dari rumus kemenangan. 

“Saya ucapkan selamat untuk mendapatkan penghargaan dari Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. Ini berkat kerja keras, keuletan, ketekunan, rajin, terus mau belajar, dan mau menulis,” tutur Dekan sekaligus Guru Besar di bidang Ilmu Fiqh-Ushul Fiqh tersebut. 

Dekan berharap kepada Afif untuk menumbuhkan konsistensi dalam belajar dan menulis, juga bisa lanjut ke pendidikan S2. 

“Harapan untuk pemenang agar terus belajar berkarya, tidak pernah berhenti dan pada harapannya juga bisa meneruskan kuliah S2. Selanjutnya dapat mengabdikan keilmuan di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember,” pungkas Prof. Haris yang juga Ketua Komisi Pengkajian, Penelitian dan Pelatihan MUI Jawa Timur tersebut.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES