Politik

Bawaslu Taliabu Ajak Parpol Kampanye Tolak Politik Uang pada Pemilu 2024 

Kamis, 28 Juli 2022 - 22:55 | 33.09k
Diskusi yang diselenggarakan Bawaslu Pulau Taliabu. (Foto: Husen Hamid/TIMES Indonesia)
Diskusi yang diselenggarakan Bawaslu Pulau Taliabu. (Foto: Husen Hamid/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PULAU TALIABU – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku menggelar diskusi publik dengan tema "Bawaslu Mendengar", Kamis (28/7/2022). Kegiatan Bawaslu Pulau Taliabu ini dimaksudkan untuk mendengarkan masukan dan kritik yang nantinya disampaikan oleh, OKP, birokrasi, masyarakat, KPU, dan seluruh lapisan masyarakat yang hadir pada diskusi. Sebagian upaya penguatan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024.

Dalam diskusi, Bawaslu memaparkan beberapa masalah yang sering menjadi langganan saat datang pesta demokrasi. Antara lain masalah DPT ganda dan nama orang meninggal yang masih tercatat pada DPT. 

"Di bawalsu masalah yang sering terjadi berulang-ulang adalah masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT). Misalnya DPT ganda, juga DPT orang yang sudah meninggal. Kalau untuk orang meninggal selama akta kematian tidak dibuat, orang ini namanya akan tetap tercatat setiap pemilihan," kata Iskandar Kordiv. Hukum penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa. 

Bawalsu juga diminta pada forum diskusi tersebut untuk menekan tingkat nepotisme jelang perekrutan penyelenggara di tingkat kecamatan dan desa juga politik uang. 

Kordiv. Pencegahan dan hubungan antara lembaga Bawaslu Taliabu, Adidas mengatakan, pendidikan politik seharusnya menjadi tanggung jawab bersama, dan tidak hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara Bawaslu ataupun KPU.

"Sosialisasi dan kegiatan diskusi terus dilakukan  Bawaslu sebagai upaya mengajak seluruh stakeholder, agar terlibat bersama penyelenggara mewujudkan pesta demokrasi yang bersih," ujarnya.

"Pesta demokrasi adalah pesta seluruh lapisan masyarakat. Bukan milik bawaslu atau penyelenggara semata," jelas Adidas. 

Adidas juga mengatakan, parpol tidak pernah ikut memberikan pendidikan politik kepada warga. Misalnya menyampaikan bahaya politik uang yang sebenarnya memiliki konsekuensi hukum. 

Adidas pada akhir forum diskusi menantang Ketua parpol untuk ikut bersama Bawaslu Pulau Taliabu dan KPU untuk mengkampanyekan tolak politik uang pada Pemilu dan Pilkada di tahun 2024. "2024 saya tantang Ketua parpol kampanyekan bahaya politik uang," ujarnya. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES