Olahraga

Juara Dunia Empat Kali Sebastian Vettel Mundur dari F1

Kamis, 28 Juli 2022 - 20:34 | 51.56k
Akhir-akhir ini Sebastian Vettel sering muncul sebagai juru kampanye yang blak-blakan tentang isu-isu sosial dan lingkungan.(FOTO: F1.com)
Akhir-akhir ini Sebastian Vettel sering muncul sebagai juru kampanye yang blak-blakan tentang isu-isu sosial dan lingkungan.(FOTO: F1.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kabar mengejutkan datang dari pebalap F1, Sebastian Vettel yang sedang berada di paddock Grand Prix Hungaria, Kamis (28/7/2022), yang menyatakan akan mengakhiri karirnya di akhir musim 2022 ini.

Sebastian Vettel menjadi pebalap yang memenangkan empat gelar juara dunia F1.

Pria, 35, ini menyampaikan transkrip pengunduran dirinya dalam sebuah pengumuman video yang mengharukan.

"Dengan ini saya mengumumkan pengunduran diri saya dari Formula 1 pada akhir musim 2022. Mungkin saya harus mulai dengan daftar panjang orang-orang untuk berterima kasih sekarang, tetapi saya merasa lebih penting untuk menjelaskan alasan di balik keputusan saya. Saya suka olahraga ini, itu telah menjadi pusat hidup saya sejak saya bisa mengingatnya. Tapi sebanyak ada kehidupan di jalurnya, ada juga kehidupan saya di luar jalur. Menjadi pembalap tidak pernah menjadi satu-satunya identitas saya. Saya sangat percaya pada identitas dengan siapa kita dan bagaimana kita memperlakukan orang lain, daripada apa yang kita lakukan," begitu antara lain pengumumannya itu.

Pebalap asal Jerman itu mengatakan akan mengambil lebih banyak waktu untuk merenungkan apa yang akan akan difokuakan selanjutnya pada akhir tahun. Dia mengatakan, menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya adalah prioritas.

Sebastian Vettel akan meninggalkan olahraga ini sebagai salah satu pembalap paling sukses dalam sejarah.

"Hari ini bukan tentang mengucapkan selamat tinggal. Sebaliknya, ini tentang mengucapkan terima kasih - kepada semua orang - paling tidak kepada para penggemar, yang tanpa dukungan penuh semangat F1 tidak akan ada," tambahnya.

Vettel, yang memenangkan empat gelar pembalap berturut-turut bersama Red Bull dari 2010 hingga 2013, mengatakan dia "sangat menikmati" waktunya bersama Aston Martin pada 2021 dan 2022, menambahkan: "Meskipun hasil kami tidak sebaik yang kami harapkan, sangat jelas bagi saya bahwa semuanya sedang disatukan bahwa sebuah tim perlu balapan di level tertinggi untuk tahun-tahun mendatang.

"Saya berharap pekerjaan yang saya lakukan tahun lalu dan terus saya lakukan tahun ini akan membantu dalam pengembangan tim yang akan menang di masa depan, dan saya akan bekerja sekeras yang saya bisa antara sekarang dan akhir tahun. dengan tujuan itu, selalu memberikan yang terbaik dalam 10 balapan terakhir."

Aston Martin ingin mempertahankan Vettel musim depan, tetapi dia memutuskan untuk menjauh dari olahraga.

Dalam beberapa tahun terakhir ia telah menjadi juru kampanye yang blak-blakan tentang isu-isu sosial dan lingkungan.

Vettel selalu menghindari media sosial, tetapi ia meluncurkan akun Instagram pada hari Kamis tepat sebelum pengumuman pensiunnya, dengan biografinya di sana menggambarkannya sebagai "figur publik".

Dalam sebuah video di akun tersebut, dia mengatakan tentang masa pensiunnya: "Balapan terbaik saya masih akan datang."

Aston Martin belum membuat pengumuman tentang pengganti Sebastian Vettel musim depan setelah ia menyatakan mengundurkan diri dari balap F1. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES