Pendidikan

Ada 10 Keunggulan Kuliah di Fakultas Kedokteran UNISMA, Apa Saja?

Kamis, 28 Juli 2022 - 17:31 | 66.36k
Rektor UNISMA Prof Dr H Maskuri MSi (tengah) bersama Dekan FK UNISMA dan Wakil Rektor 4 UNISMA. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Rektor UNISMA Prof Dr H Maskuri MSi (tengah) bersama Dekan FK UNISMA dan Wakil Rektor 4 UNISMA. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGFakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (FK UNISMA) memiliki banyak keunggulan. Hal ini menjadi pertimbangan dan referensi literasi bagi calon mahasiswa baru.

TIMES Indonesia berkesempatan wawancara bersama Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi dan Dekan FK UNISMA dr Rahma Triliana, MKes, PhD, Rabu (27/7/2022) kemarin.

Berikut 10 keunggulan kuliah di Fakultas Kedokteran UNISMA:

1. Fakultas Kedokteran pertama PTNU se-Indonesia

Belum banyak yang mengetahui bahwa FK UNISMA adalah Fakultas Kedokteran pertama yang berdiri di lingkungan perguruan tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) di Indonesia.

Kekhususan FK UNISMA yaitu pengembangan di bidang keanekaragaman hayati dan pemanfaatannya sebagai penunjang pengobatan dan pengembangan tim bantuan medis dalam bencana dan kegawatdaruratan yang berlandaskan keislaman dan Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja).

2. Kurikulum Berbasis Keislaman

Serangkaian proses pembelajaran di Fakultas Kedokteran menggunakan kurikulum berbasis pendidikan keislaman yang terintegrasi sebagai bagian yang tidak terpisahkan bersama dengan Pondok Pesantren Ar-Razi (Pondok Pesantren FK UNISMA).

Selain itu, kurikulum pendidikannya juga dicapai melalui penelitian yang inovatif dan kolaboratif serta pengabdian masyarakat dan pengembangan karakter yang diharapkan mampu membentuk penyedia layanan kedokteran yang profesional, humanis, religius, dan moralis.

3. Kegiatan Kemahasiswaan

Serangkaian organisasi dan kegiatan kemahasiswaan serta program bimbingan konseling dan pengembangan karier juga disiapkan untuk dimanfaatkan guna mendukung mahasiswa secara personal.

Hal ini dilakukan agar para mahasiswa mampu memiliki karakter yang cerdas, peduli, energik dan bersemangat baik secara akademik, profesional, maupun personal

4. Kerjasama

Kerjasama dengan banyak universitas baik di dalam maupun di luar negeri terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pengembangan karakter dan kepemimpinan mahasiswa maupun staf pengajar dilakukan melalui berbagai program pertukaran pelajar, research attachment, pertemuan ilmiah, dan beberapa program akademik serta non akademik lainnya.

5. Bermitra dengan RS Pendidikan

FK UNISMA bermitra dengan sembilan rumah sakit pendidikan. Di antaranya adalah RS Syarifah Ambani Ratu Ebu (Syarambu) Bangkalan, RS Kanjuruhan Kepanjen, RS Mardi Waluyo Blitar, RS Blambangan Banyuwangi, RSI Unisma, RSJ Lawang, RS Bhayangkara Porong, klinik muslimat Singosari dan terbaru yakni RSUD Dr H Moh Anwar Sumenep.

6. Delapan Kali Lulus 100 Persen UKMPPD

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (Unisma) kembali mengukir prestasi. FK Unisma lulus 100 persen Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) selama delapan kali berturut-turut.

Prestasi ini bisa dipertahankan karena kekompakan dan rasa kepemilikan yang tinggi oleh mahasiswa. Termasuk hasil kerjasama dengan RS pendidikan mitra. Mahasiswa tidak ingin 'telur' prestasi pecah.

7. Kampus Unggul

UNISMA merupakan kampus unggul Peringkat 1 kampus terbaik diantara 274 Kampus Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama di Indonesia.

UNISMA Peringkat 1 Kampus Terbaik Nomor 1 di Wilayah Malang Raya. UNISMA juga menempati Peringkat ke 44 dari total 4482 PTN dan PTS di Indonesia. Universitas Islam Malang menempati Peringkat ke 9 Kampus terbaik di Jawa timur versi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dari total 350 PTS dan PTN

8. Fasilitas Unggul

Selain pembangunan sumber daya manusia, Unisma juga gencar melakukan percepatan pembangunan untuk menunjukkan sarana dan prasarana unggul.

Unisma memiliki gedung menjulang tinggi. Salah satu gedung besar yakni gedung Pascasarjana dan Gedung Bundar yang bisa menampung ribuan orang.

Satu lagi. Unisma menyulap gedung perpustakaan menjadi lebih Homey. Mahasiswa yang berkunjung dibuat nyaman dan kerasan agar menumbuhkan tingkat literasi.

9. Membawa Misi Perdamaian Dunia

Unisma membawa misi perdamaian dunia melalui ajaran dan prinsip yang diamalkan di lingkungan kampus. Agen penebar perdamaian ini nyatanya tidak hanya mahasiswa, tapi seluruh keluarga besar termasuk dosen, karyawan dan alumni.

Unisma sendiri memberikan peluang kepada alumninya yang tersebar di seluruh penjuru dunia agar nilai-nilai perdamaian senantiasa ditebarkan dimana pun mereka berada.

10. Miliki 3 Program Studi Unggulan

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (FK UNISMA) telah mendapatkan status akreditasi B dari BAN-PT (2011) dan LAM-PTKes (2016). Saat ini terdapat 3 program studi di Fakultas Kedokteran, yaitu Program Studi Pendidikan Dokter, Program Studi Profesi Dokter, dan Program Studi Farmasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES