Peristiwa Internasional

Arab Saudi Akan Bangun Kota Mini dengan Tembok Penuh Kaca  

Rabu, 27 Juli 2022 - 23:45 | 92.37k
Kota The Line dengan tembok kaca yanga akan dibangun di Arab Saudi. (Foto: Neom/AFP/Getty Images) 
Kota The Line dengan tembok kaca yanga akan dibangun di Arab Saudi. (Foto: Neom/AFP/Getty Images) 

TIMESINDONESIA, JAKARTAArab Saudi berencana akan bangun gedung pencakar langit yang menyerupai kota kecil dengan dinding penuh kaca. Gedung tersebut rencananya akan dibentangkan sepanjang 160 kilometer dengan total lebar kota 200 meter.

Pemerintah Arab Saudi menyebut kota futuristik ini sebagai The Line. Hal ini karena bentuknya yang memanjang. Ide pembuatan kota ini berasal dari Pangeran Mahkota Mohammaed bin Salman. Idenya pertama kali dilontarkan pada tahun 2017 lalu.

Namun saat Mohammed menjabarkan dan memamerkan maket gedung bertingkat tersebut  pada Senin malam kemarin, banyak sekali ide-idenya yang telah dirubah. Termasuk panjang kota tersebut, yang awalnya 160 kilometer kini di perpendek menjadi 34 kilometer saja.

"Konsep kota tersebut sudah mengalami perubahan bentuk dari konsep awal. Bahkan sering berubah arah, kadang ditambah, kadang dikurangi, atau bahkan dirubah berlawanan dari konsep awal," ungkap Rober Mogielnicki dari Arab Gulf States Institute di Washington seperti dilansir dari The Guardian.

Listrik di kota ini rencananya akan di digerakkan secara penuh oleh energi terbarukan. Bahkan kota tersebut rencananya juga akan dibuat car-free atau bebas dari kendaraan dan memilliki tingkat emisi rendah atau bahkan 0.

Pangeran Mohammed bin Salman putra Mahkota Arab Saudi berharap The Line mampu mengundang warga lokal maupun asing untuk tinggal di kota tersebut. Dirinya mentargetkan kota tersebut akan dihuni sekitar 50 juta jiwa warga pada tahun 2040.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES