Peristiwa Internasional

20 Orang Meninggal Dunia Disambar Petir di India Timur dalam 24 Jam Terakhir

Rabu, 27 Juli 2022 - 21:10 | 63.11k
Ratusan orang meninggal di India setiap tahun dalam insiden petir selama hujan monsun. (FOTO: BBC/Getty Image)
Ratusan orang meninggal di India setiap tahun dalam insiden petir selama hujan monsun. (FOTO: BBC/Getty Image)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam waktu 24 jam terakhir, 20 orang di delapan distrik di negara bagian Bihar, India Timur meninggal dunia karena disambar petir.

Diperkirakan akan lebih banyak lagi badai dan petir disertai kilat di bagian utara negara bagian itu pada Rabu dan Kamis.

Ketua Menteri Bihar, Nitish Kumar telah meminta orang-orang untuk mengikuti saran dari otoritas penanggulangan bencana negara bagian.

Ratusan orang meninggal di India setiap tahun dalam insiden disambar petir selama hujan monsun.

Salah satu alasan yang dikutip, tingginya jumlah kematian itu karena banyaknya orang yang bekerja di luar ruangan di India dibandingkan dengan bagian lain dunia, yang membuat mereka lebih rentan.

Pada hari Selasa, Kumar mengumumkan pemerintah akan memberi kompensasi 400.00 rupee ($5.008; £4.154) untuk keluarga masing-masing almarhum.

The Times of India melansir, Kepala Menteri juga telah mengadakan pertemuan minggu lalu dan meminta pejabat negara untuk memasang penangkal petir di semua gedung pemerintah, termasuk sekolah dan rumah sakit.

"Posisi geografis negara bagian Bihar memang membuatnya sangat rentan terhadap sambaran petir yang sering terjadi selama musim hujan," kata laporan itu.

Bulan Februari tahun ini, BBC melaporkan bahwa jumlah sambaran petir di India telah meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir .

Data satelit yang dikumpulkan oleh Institut Meteorologi Tropis India juga menunjukkan bahwa serangan telah "meningkat pesat" antara 1995 hingga 2014.

India mencatat lebih dari 18 juta sambaran petir antara April 2020 hingga Maret 2021, menurut sebuah studi oleh Climate Resilient Observing Systems Promotion Council. Angka ini naik 34% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES