Glutera News

7 Ciri Utama Rambut yang Sehat

Rabu, 27 Juli 2022 - 11:40 | 90.00k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Walaupun terbilang tipis, namun rambut terbentuk dari gabungan struktur rambut yang mempunyai peran masing-masing. Kutikula terletak pada lapisan paling luar dengan fungsi yang vital yakni melindungi korteks agar kilau dan tekstur rambut tetap terjaga. 

Kutikula juga dilengkapi 6 hingga 8 lapisan sel untuk melindunginya. Lapisan tak kasat mata ini disebut dengan lapisan-F yang terbentuk dari asam lemak alami dan membantu menjadikan rambut halus dan lembut. Namun proses kimia seperti pewarnaan, pengeritingan, dan pelurusan menyebabkan lapisan -F rusak dan menjadikan rambut kering.

Rambut sehat adalah impian bagi semua orang. Untuk mendapatkannya, Anda pun harus dapat merawat rambut dengan baik. Setelah dirawat, tentu Anda ingin tahu apakah usaha selama ini terbayar atau tidak. Yuk, kenali apa saja ciri-ciri rambut yang sehat di sini.

1. Lembut saat disentuh

Ciri rambut sehat yang paling terlihat adalah tekstur rambut yang lembut saat disentuh. Kemudian, lihat bagian ujung rambut. Jika tidak bercabang, kondisi rambutmu sudah cukup baik. Sekarang, coba telusuri sela-sela rambut. Apakah jemarimu terasa mulus dan halus saat menyentuh helai-helai rambutmu? Jika ya, kamu perlu lega.

2. Rambut tumbuh semakin panjang

Amati apakah rambutmu cepat panjang? Dalam durasi 1 bulan, minimal rambut tumbuh ½ inci. Jika kamu merasa selama berbulan-bulan rambutmu tetap sama, tentu ada yang salah.

Rambut yang tumbuh menandakan kulit kepala sehat dan kebutuhan gizi lewat makanan mengalir ke rambut dengan normal. Jika rambut tidak tumbuh, masalahnya kemungkinan ada pada kulit kepala yang kurang sehat atau makanan yang kurang bernutrisi.

3. Rambut berkilau

Rambut yang memancarkan kilaunya saat terkena cahaya menandakan bahwa minyak alami di kulit kepala mampu mencapai kutikula rambut. Kemudian tersebar merata di seluruh bagian batang rambut.

Minyak alami ini akan terhalangi ke rambut jika kamu sering memakai produk rambut. Sisa-sisa hairspray, gel, atau serum yang tidak dibersihkan dengan baik, membuat rambut kusam dan kehilangan kilaunya.

4. Hanya sedikit mengalami kerontokan

Kehilangan rambut saat menyisir atau keramas? Tak perlu panik. Ini karena kerontokan merupakan bagian dari siklus pertumbuhan rambut. Setiap rambut yang terlepas dari akarnya, akan kembali tumbuh menjadi rambut baru.

Kerontokan ringan adalah wajar. Berdasarkan American Academy of Dermatology, setiap manusia mengalami rontok rambut sebanyak 50-100 helai per hari. Jika kerontokan lebih dari 100 helai, itulah tanda bahwa ada masalah pada rambutmu.

5. Saat ditarik, rambut tidak mudah patah

Rambut yang sehat juga ditandai dengan elastisitasnya, yaitu rambut tak mudah patah pada saat disisir. Rambut yang elastis diperoleh dari pola makan yang sehat bergizi. Mengonsumsi makronutrien dan mikronutrien penting seperti protein, vitamin, zat besi, dan biotin juga dapat menutrisi rambut.

shampo.jpg

6. Tidak mudah kusut

Rambut yang sehat juga memiliki ciri yaitu tidak mudah kusut. Jika helaian rambut rusak, rambut akan mudah terikat satu sama lain sehingga menyebabkan kusut. Bagian kutikula yang rusak dan bergesekan perlu dirawat dengan kondisioner.

Cara merawat rambut agar tak mudah kusut adalah dengan menggunakan kondisioner untuk melapisi batang rambut. Kutikula menjadi lembut dan helaian rambut lebih mudah disisir. 

Dove Refreshing Ritual Conditioner terinspirasi ritual perawatan rambut wanita dari Timur Tengah dengan formula yang mengandung oud scent dan hibiscus oil. Formulanya mengurangi rambut rontok karena patah, membersihkan, dan menyegarkan rambut sepanjang hari.

7. Mampu menyerap nutrisi dan kelembapan dengan baik

Kemampuan rambut menyerap kelembapan menjadi indikator signifikan bahwa rambutmu sehat. Untuk menguji apakah rambut mampu menyerap kelembapan atau tidak, kamu bisa meletakkan sehelai rambut di mangkuk berisi air. Jika rambutmu mengapung, berarti rambut tersebut sehat. Sebaliknya, jika rambut tenggelam, rambutmu tergolong kurang sehat.

Tips merawat kesehatan rambut

Setelah mengenali apa saja ciri rambut yang sehat, langkah selanjutnya yang cukup penting adalah membuat hal tersebut tercapai. Merawat rambut agar tetap sehat sebenarnya cukup sederhana. 

Meski begitu, Anda perlu melakukannya secara rutin agar hasilnya maksimal. Yuk, simak apa saja langkah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan rambut indah, kuat, dan berkilau. 

• Sering keramas satu kali dalam sehari bagi pemilik rambut berminyak.
• Keramas 2 – 3 hari sekali bagi pemilik rambut kering.
• Pijat kulit kepala saat keramas agar rambut lebih bersih.
• Gunakan glutera hair tonic serum setelah memakai sampo.
• Rutin konsumsi glutera col, sebagai nutrisi rambut dari dalam.

Tanda rambut yang sehat dapat dilihat lewat berbagai hal. Jika Anda merasa rambut sudah sangat kusam, rontok, dan sulit diatur, bisa saja pertanda bahwa rambut Anda sudah rusak. (*) 

Be everlasting with glutera

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES