Pendidikan

Asah Kemampuan Menulis, ITN Malang Gelar Workshop Penulisan untuk Dosen

Selasa, 26 Juli 2022 - 23:14 | 39.26k
Wakil Rektor III, Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama ITN Malang Fourry Handoko dan Tim Dosen ITN Malang bersama tim dari TIMES Indonesia berfoto bersama saat pembukaan workshop menulis di Gedung Pascasarjana Kampus 1 ITN Malang, Senin (25/7/
Wakil Rektor III, Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama ITN Malang Fourry Handoko dan Tim Dosen ITN Malang bersama tim dari TIMES Indonesia berfoto bersama saat pembukaan workshop menulis di Gedung Pascasarjana Kampus 1 ITN Malang, Senin (25/7/

TIMESINDONESIA, MALANG – Asah kemampuan menulis, dosen Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang) belajar jurnalistik dan menulis jurnal ilmiah populer, Senin (24/7/2022).

Workshop penulisan yang mengandeng TIMES Indonesia diharapkan bisa membuat dosen produktif menghasilkan tulisan terkait riset, atau informasi menarik lainnya yang nanti ditampilkan di web ITN Malang atau ke media massa.

Wakil Rektor III, Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama ITN Malang Ir. Fourry Handoko, ST,SS,MT,Ph.D,IPU menjelaskan, dengan dosen atau tim humas menulis tentang kampus, publik semakin mengetahui apa saja yang ada di ITN Malang.

Suasana-pelatihan-menulis.jpgSuasana pelatihan menulis di Gedung Pascasarjana Kampus 1 ITN Malang, Senin (25/7/2022). (FOTO: Esa Agustin/TIMES Indonesia)

Fourry menambakan, ITN Malang memiliki banyak informasi penting dan menarik yang layak untuk dikabarkan ke khalayak. Untuk itu, dosen dan tim humas harus didorong untuk membuat tulisan atau konten kreatif lainnya dan disebar di media massa. Seperti mempublikasikan penelitian yang dihasilkan, mengabarkan pengabdian masyarakat yang sudah dilakukan, beasiswa yang tersedia dan prestasi-prestasi yang sudah diraih oleh ITN Malang

"Dengan diadakan pelatihan jurnalistik, ITN Malang dituntut untuk bisa menampilkan terkait aktivitas apa saja yang ada di FEB UI dengan jangkauan lebih luas dengan tidak hanya kegiatan fakultas tetapi kegiatan dari mahasiswa juga," imbuhnya.

Dalam pelatihan ini, Corporate & Development Director TIMES Indonesia Network, Sri Widji Wahyuning Utami mengajak para dosen dan tim humas ITN Malang membangun ketahanan informasi nasional khususnya pendidikan. Caranya dengan terus menguatkan berita-berita positif terkait ITN Malang.

Tim-Dosen-ITN-Malang-bersama-tim-dari-TIMES-Indonesia.jpgTim Dosen ITN Malang bersama tim dari TIMES Indonesia berfoto bersama saat pembukaan workshop menulis di Gedung Pascasarjana Kampus 1 ITN Malang, Senin (25/7/2022). (FOTO: Esa Agustin/TIMES Indonesia)

Selain itu, tim dosen dan humas ITN Malang juga mendapat banyak tips mengenai cara menulis, menentukan judul, mengambil foto hingga mencari bahan atau tema tulisan.

Setelah materi menulis, para dosen dari perwakilan prodi dan jurusan mencoba untuk menulis berita dan sharing terkait ide tulisan yang bisa dibuat.

Prodi PWK (Perencanaan Wilayah Kota) mencoba menulis terkait keberhasilan ITN Malang sebagai satu-satunya penyelenggara SketchUp Authorized Training Center di Jawa Timur.

Salah satu materi latihannya adalah software desain dan keterampilan mengintegrasikan proses perencanaan dan desain. Mulai dari kajian awal hingga penyampaian hasil rencana dalam bentuk 2D maupun 3D, serta visualisasi animasi/video kasus perkotaan. Pelatihan oleh PWK ITN Malang dijamin akreditasinya karena telah memiliki sertifikat Trainer Internasional software SketchUp.

Ada juga pembahasan tentang bagaimana kampus ITN Malang melakukan pengabdian masyarakat di berbagai daerah, mulai pengolahan limbah sayur dan pembuatan pupuk cair organik hingga memberikan pelatihan terkait perencanaan dan pembuatan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di wilayah Soe, Nusa Tenggara Timur. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES