Pendidikan

Peringati Hari Anak Nasional, Bocah PAUD di Kota Probolinggo Lomba Bareng Guru dan Ortu 

Selasa, 26 Juli 2022 - 17:00 | 65.30k
Tapilan lomba bersyair bertema Kotaku Probolinggo dalam Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 (FOTO: Sri Hartini/TIMES Indonesia)
Tapilan lomba bersyair bertema Kotaku Probolinggo dalam Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 (FOTO: Sri Hartini/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Ratusan bocah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Probolinggo, Jatim, riuh gembira merayakan Hari Anak Nasional atau HAN 2022. Mereka begitu antusias mengikuti aneka lomba bersama para guru, serta orang tua masing-masing, Selasa (26/7/2022). 

Diantaranya lomba bersyair, bernyanyi lagu daerah, kolase, menendang bola, kerjasama ayah dan anak, bercerita, lomba balas pantun, dan lomba senam untuk guru PAUD. 

Kegembiraan sangat tampak di wajah anak-anak yang mengikuti lomba. Meskipun di antara mereka juga ada yang tegang, bahkan menangis.  

Para-Guru-PAUD.jpgPara Guru PAUD juga ikut menyemarakkan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 dengan mengikuti Lomba Senam Sehat Ceria (FOTO : Sri Hartini/TIMES Indonesia)

Lomba itu digelar oleh Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo. 

Peringatan HAN tahun 2022 di daerah yang meraih Kota Layak Anak Kategori Utama ini mengambil tema "Kota Probolinggo Hebat dan Handal." 

Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo, Heri Wijayani mengatakan, peringatan HAN 2022 dirayakan dengan beraneka ragam lomba. 

Lomba digelar dengan memperhatikan enam aspek perkembangan anak, dan juga memastikan anak-anak mendapatkan hak-haknya. 

“Anak-anak harus mendapatkan hak-haknya yang sama, mulai dari perlindungan, pendidikan, asupan gizi dan lainnya," ujar Heri. 

panitiaperingatan-Hari-Anak-Nasional.jpgBidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo bersama segenap panitia peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 (FOTO: Disdikbud Kota Probolinggo For TIMES Indonesia)

Selain itu, juga untuk meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini, sesuai dengan prinsip Pendidikan Anak Usia Dini. Yakni memastikan perkembangan sesuai enam aspek PAUD. Mulai dari sosial emosional, fisik motorik halus, kasar, bahasa, seni, nilai moral agama, dan kognitif. 

Heri berharap, hari anak menjadi momentum bagi warga Kota Probolinggo untuk bersama-sama kembali ke fitrah. 

"Bagaimana memperlakukan anak-anak, sesuai dengan kurikulum merdeka, yang tidak memperbolehkan adanya perundungan, bully dan memperjuangkan hak anak, dan tidak membedakan-bedakan anak," harapnya. 

Peringatan Hari Anak Nasional di Kota Probolinggo ini, diikuti oleh seluruh lembaga PAUD di Kota Probolinggo, dengan  tetap menerapkan protokol kesehatan atau Prokes. 

Puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 akan diselengarakan pada Agustus, dengan kegiatan senam massal yang diikuti oleh ribuan anak-anak PAUD se-Kota Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES