Pemerintahan

Gubernur Jatim Ingatkan Prediksi Jack Ma

Selasa, 26 Juli 2022 - 00:03 | 41.15k
Gubernur Jatim didampingi Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi saat mengunjungi stand pameran Jatim Kominfo Festival 2022. (foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia/adv)
Gubernur Jatim didampingi Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi saat mengunjungi stand pameran Jatim Kominfo Festival 2022. (foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia/adv)

TIMESINDONESIA, BATUGubernur Jatim Khofidah Indar Parawansa mengingatkan prediksi CEO Alibaba Group, Jack Ma yang diungkapkan dalam World Economic Forum tentang dominasi UMKM pada perdagangan pada tahun 2030 mendatang. Jack Ma menyebutkan bahwa pada tahun 2030, perekonomian di dunia, 80 persen akan bergantung pada UMKM.

Pada tahun yang sama, tahun 2030, Jack Ma memprediksi 85 persen perekonomian akan bergantung pada e commerce dan Jack Ma juga memprediksi perdagangan akan dilaksanakan secara online.

“Dari prediksi ini kita punya gambaran, 99 persen UMKM kita akan melakukan proses perdagangan dengan digital ecosystem. Karena itu saya minta supaya di breakdown digital ecosystem UMKM, plan of action harus didetilkan,” ujar Khofifah saat membuka Jatim Kominfo Festival tahun 2022 yang dilaksanakan di Balai Kota Among Tani Kota Batu, Senin (25/7/2022) malam.

Tahun 2030 bukanlah masa yang jauh, karena itu apa yang sudah dilakukan di Kota Batu, bagaimana ada TV digital yang dioperasikan anak-anak muda di desa dan kelurahan di Kota Batu, hal ini bisa menjadi contoh daerah-daerah yang lain.

Gubernur-Khofifah-di-Kota-Batu-a.jpg

“Jadi kami mohon daerah-daerah menyiapkan plan of action agar kita siap masuk digitalisasi ecosystem. Kenapa harus dilakukan proses penguatan UMKM, karena 57,81 persen kontribusi PDRB di Jawa Timur dari sector UMKM,” ujar Khofifah.

Maka dari itu pola-pola dalam pengembangan yang dilakukan, wali kota dan bupati bisa membangun digitalisasi platform untuk pelaku UMKM.  
Dalam hal itu, Khofifah juga mengingatkan agar menggunakan rumus Rembug Sekrup. Hal ini menurut gubernur penting dilaksanakan agar roda pembangunan bisa berjalan dengan pengelolaan komunikasi dan informasi yang baik.

Gubernur juga meminta kepada Dinas Kominfo Provinsi Jatim bersama seluruh kepala daerah untuk betul-betul menjaga penta holix approach dalam menjalankan roda pembangunan.

Merangkul unsur masyarakat, privat sector, media, perguruan tinggi dan pelaku usaha menjadi kekuatan masyarakat. “Ada kekuatan masyarakat yang bersama-sama harus kita sekrupkan. Saya sering berkali-kali mengungkapkan, rembug sekrup, setelah kita rembugkan maka disekrupkan, supaya langsung bisa bergerak,” ujar Khofifah dalam sambutannya.

Banyak tantangan pengelolaan komunikasi informasi yang menurut Khofifah harus dilakukan. Beredarnya hoaks dan ujaran kebencian yang tidak ada koridornya merupakan hal yang berbahaya ditengah upaya merajut kesatuan dan persatuan bangsa.

Hal ini, menurut Khofifah adalah tugas bersama. Dimana masyarakat menjadi kesatuan, terbangun jejaring sinergis yang saling berkolaborasi dan saling menguatkan.

 “Pentingnya kita mengusung konten inspiratif, membangun produktifitas, membangun positif thinking dan konten membangun semangat,” tegasnya.

Sementara itu Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kominfo Provinsi Jatim yang sudah memilih Kota Batu sebagai tempat pelaksanaan Jatim Kominfo Festival 2022.

Gubernur-Khofifah-di-Kota-Batub.jpg

Kedatangan para peserta, diyakini Dewanti bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Batu yang sempat minus saat Pandemi Covid-19. “Awal tahun 2022 perkembangannya sudah plus 4, sekarang dengan adanya even ini bisa plus 5,” ujarnya sembari mengatakan sebelum pandemi pertumbuhan ekonomi di Kota Batu mencapai 6,5.  

Wali kota mengatakan bahwa Kota Wisata Batu sudah melakukan pengembangan inovasi untuk melakukan tranformasi digital.

“Pemkot Batu sudah mengisi 75 sistem aplikasi dalam penyelenggaraan pemerintah. Kita juga memiliki KIM di setiap desa dan kelurahan, anak-anak mud kita libatkan menjadi ujung tombak mengiformasikan program desa dan kelurahan.  Semua desa dan kelurahan punya TV desa,” ujarnya.

Wali kota juga menegaskan bahwa di Kota Batu disetiap desa dan kelurahan sudah memiliki TV Desa yang dikelola oleh masing-masing KIM.

“Kami juga punya Agropolitan Televisi yang pada saat Pandemi Covid-19 sangat membantu orang tua dalam memberikan pelajaran kepada anak-anak di rumah, karena tidak ada pembelajaran tatap muka, lewat program Ada Kelas,” ujarnya. 

Sementara itu Kadis Kominfo Provinsi Jatim, Hudiyono mengatakan bahwa kegiatan Jatim Kominfo Festival 2022 ini merupakan tranformasi dari Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang sudah dilaksanakan selama 10 kali. 

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat dengan memberikan ruang digitalisasi yang sehat dengan menyajikan informasi yang cepat, akurat sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ujar Hudiyono. 

Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 25 sampai 28 Juli 2022 dengan kegiatan antara lain Pameran Kominfo di Balai Kota Among Tani serta workshop kehumasan.  (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES