News Commerce

Fitur Aplikasi Support System Perusahaan Talenta by Mekari: Solusi Aplikasi Untuk Absen Online

Senin, 25 Juli 2022 - 08:48 | 28.51k
Fitur Aplikasi Support System Perusahaan Talenta by Mekari: Solusi Aplikasi Untuk Absen Online
Ilustrasi: Aplikasi Absensi Terbaik. (Foto: talenta)
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kegiatan absensi adalah proses pecatatan kehadiran dan ketidakhadiran. Aktivitas ini biasa dilakukan din perusahan, instansi pemerintahan dan sekolah ataupun lembaga belajar lainnya. Proses absensi ini penting untuk mengetahui kehadiran dan pemantuan. Aplikasi untuk absen online adalah penemuan baru cara dalam melakukan presensi. 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi membuat banyak aplikasi baru, termasuk aplikasi untuk absen online ini. Kemudahan akses jaringan internet yang dapat menjangkau di berbagai wilayah termasuk ke daerah plosok pun membuat pembuat aplikasi menggunakan sistem online. 

Pengertian Aplikasi Untuk Absen Online Adalah

Seperti nama aplikasinya software ini dirancang untuk memberikan kemudahan karyawan dalam melakukan absensi. Sedangkan bagi perusahan pun juga diuntungkan dengan efisensi pengelolaan didalamnya karena terdapat fitur-fitur canggih.

Perkembangan metode absensi memang mengalami perubahan dan lebih maju saat ini seperti adanya aplikasi untuk absen online. Jika ditarik ke jaman dahulu proses absensi ini masih memakai alat seperi ceklog, fingerprint, kartu temple bahkan masih dicatat secara manual.

Cara-cara tersebut efektif digunakan di jaman dahulu. Namun kini proses absensi dan pengelolaannya menjadi lebih mudah dengan aplikasi absen online. Memakai sistem online dan semua data dapat terpantau di dashborad secara transparan dengan waktu real.

Sistem absensi ini dapat diakses oleh dua cara yaitu untuk monitoring perusahan memakai PC untuk menampilkan program di dashboard. Sedangkan bagi karywan aplikasi ini bisa diunduh dan dipasang di ponsel masing-masing untuk melakukan absensi. Dari kedunya tentu terdapat perbedaan fiturnya.

aplikasi-absen.jpg

Fitur Aplikasi Absensi Online di Dashboard 

Perusahaan bertugas dalam proses monitoring dan evaluasi karyawan. Proses evaluasi ini tentu membutuhkan penggunaan fitur di aplikasi untuk absen online agar lebih mudah dan efisien. Apa saja fitur yang ada di aplikasi dashboard absensi? Inilah penjelasannya.

1.    Clock In Maupun Clock Out

Fitur pertama yang bisa ditampilkan di aplikasi absen online ini tentunya adalah clock in dan clock out. Data tersebut akan terekam dan tersimpan di halaman attendance dashboard aplikasi. Jam yang terekam di data tersebut adalah real time sesuai waktu masing-masing karyawan melakukan presensi.

Jadi dengan fitur tersebut pengawasan keterlambatan menjadi lebih mudah. Karena semuanya sudah terekam dan terekap secara otomtatis setiap harinya. 

2.    Informasi Lembur (Overtime)

Dalam mencapai target produksi biasanya jika waktu yang tersedia tinggal sebentar maka perusahaan akan mengadakan lembur. Penambahan jam kerja ini tentu berpengaruh terhdap prhitungan gaji karyawan yang ditugaskan.

Informasi mengenai jam lembur ini dapat dengan mudah diinformasikan sekaligus di akun masing-masing karyawan. Perekapan penambahan waktu kerja ini juga otomtatis tersinkronisasi sehingga tidak ada kesalahan perhitungan jumlah jam kerja.

3.    Jadwal Kerja

Selain mencatat waktu lembur di aplikasi absensi online ini juga mempunyai fitur untuk membuat jadwal kerja. Sehingga hal ini lebih memudahkan dalam proses pemantauan dan pembuatan jadwal kerja. Fitur tersebut juga bisa diakses oleh banyak pihak sehingga memudahkan koordinasi.

4.    Fitur Cuti

Selain ada fitur overtime di dashboard juga terdapat fitur perekapan cuti masing masing karyawan. Melalui fitur itu memudahkan karyawan dalam mengajukan cuti dan mengetahui jatah cuti yang dimiliknya.

5.    Lend App

Aplikasi untuk absen online ini mempunyai fitur lend app yang dapat memudahkan penggunanya. Jadi bagi karyawan yang tidak mempunyai ponsel mumpuni tetap bisa melakukan absensi. Fitur Lend App juga membantu ketika ponsel tertinggal maupun lowbat. Sehingga proses ini tidak akan menganggu oprasional di perusahaan. 

6.    Payroll

Pentingnya data kehadiran karyawan ini juga berfungsi di sistem payroll. Nah, dengan memakai aplikasi absensi online di dalamnya sudah include dengan payroll. Sehingga proses perhitungan gaji dan pemberian gaji menjadi tepat waktu.

Fitur Aplikasi Absen Online di Ponsel

Berbicara tentang aplikasi tentu didalamnya mempunyai fitur-fitur tertentu yang saling berkaitan. Aplikasi untuk absen online tersebut kebanyakan menggunakan basic website dengan sistem penyimpanan cloud. Alsannya tentu karena tingkat aksebilitasnya tinggi. Apa saja fiturnya? Berikut informasinya.

1.    Fitur Posisi dengan GPS

Sistem di aplikasi absensi online ini memudahkan proses presensi secara online bagi pekerja remote ataupun di kantor. Jadi dengan memakai aplikasi absensi dengan fitur GPS ini membuat karyawan lebih mudah dalam membuat laporan ke perusahaan.

Selain karyawan lebih mudah, pihak perusahaan juga lebih mudah dalam memantaunya. Karena hasil inputan tersebut dapat dilihat melalui dashboard.

2.    Fitur Akumulasi Jam Kerja

Aplikasi absensi online di ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur akumulasi jam kerja. Dengan fitur tersebut karyawan bisa memantau jam kerja yang sudah dikerjakan. Selain itu dengan fitur tersebut karyawan juga bisa menapatkan rekomendasi untuk mengambil jatah lembur.

3.    Fitur Pengambilan Foto

Aplikasi untuk absen online ini juga dilengkapi dengan fitur pengambilan foto hasil absensi. Dengan fitur ini absensi yang dilakukan lebih akurat, dan terhindar dari kecurangan.

4.    Fitur Catatan Khusus

Kemudahan yang bisa Anda dapatkan dengan memakai aplikasi absen online di ponsel ini yaitu adanya fitur catatan. Kegunaan fitur tersebut dibuat agar ketika mengalami kendala dapat menuliskan persoalannya di menu tersebut.

Kelebihan Absen Online Dengan Aplikasi

Hadirnya cara absen terbaru ini tentu menawarkan banyak kelebihan sehingga banyak perusahaan tertarik untuk menggunakannya. Berikut kelebihan aplikasi absensi online.

1.    Dilengkapi Sistem Keamanan Data 

Memakai sistem online memang rentan mengalami kehilangan data akibat virus atau lainnya. Namun tenang saja aplikasi absensi ini sudah dilengkapi dengan fitur keamanan terenkripsi dan canggih, Sehingga perusahaan tidak perlu cemas dengan keamanannya. 

Oleh karena itu saat memilih aplikasi absensi online Anda harus mengecek kredibilitas dan legalitasnya. Sistem cloud sebagai penyimpanan terpusat yang digunakan tentu sudah berasal dari tingkat internasional.

Sehingga apabila terjadi kehilangan data masih tersimpan hasil backup nya. Jenis penyimpanan cloud kelas internasional yang sering digunakan adalah dari AWS dan Windows Azure. 

2.    Menghemat Biaya

Kelebihan dari penggunaan aplikasi absensi ini yaitu dapat mengurangi pengeluaran. Hal ini dikarenakan untuk menggunakannya hanya perlu pembelian di awal tanpa perlu dilakukan peraawatan seperti alat absensi lainnya.  

Aplikasi untuk absen online ini memakai sistem cloud sehingga tidak memerlukan device baru. Perusahaan juga tidak membutuhkan ahli IT dalam menggunakan aplikasi ini. Karena sistem yang dipakai di aplikasi user friendly sehingga orang awam pun bisa.

Harga yang perlu dibayarkan untuk membeli aplikasi ini juga tergantung dengan kelengkapan fiturnya. Selain ini karena ini aplikasi absensi, maka banyaknnya karyawan juga mempengaruhi harga aplikasi ini. 

3.    Efisiensi Tinggi

Kelebihan dari pengguanan aplikasi untuk absensi ini adalah tingat efisensi yang tinggi. Karena memakai aplikasi ini karyawan lebih mudah dalam melakukan absensi dan juga pihak HRD dalam menyelesaikan pekerjaanya.

Seperti yang Anda ketahui bahwa hal yang berkaitan dengan karyawan ini cukup luas. Karena selain menjalankan tugas pemantuan, evaluasi kinerja dan juga perhitungan gaji pembagian gaji juga menjadi tanggung jawab HRD. 

Dengan aplikasi absensi online tidak hanya proses absensi saja yang mudah melainkan juga proses perekepan sekaligus perhitungan gaji lebih mudah. Terintegrasi dengan payroll membuat proses pemberian gaji menjadi lebih tepat waktu dan tidak perlu mencetak satu persatu bukti slip gaji.

4.    Menghindari Kecurangan

Aplikasi untuk absen online ini juga mempunyai kelebihan dari segi keakuratannya. Karena memakai sistem cloud yang langsung terintegrasi dan menampilan perekaman secara real time membuat datanya valid dan tidak bisa dimanipulasi.

Apalagi jika cara absensi yang diterapkan memakai sistem GPS dan pengambilan foto selfie. Sehingga penelurusan bukti-bukti presensi menjadi lebih mudah.

Platform Penyedia Aplikasi Absen Online

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk beralih memakai aplikasi untuk absen online ini? Banyak sekali bukan kelebihan dengan memakai aplikasi absensi online ini. Penyedia jasa aplikasi absensi online di Indonesia dapat mudah ditemukan.

Jadi Anda tidak perlu binggung mencari aplikasi absensi ini. Anda bisa memilih aplikasi absensi dari Talenta Mekari. Karena aplikasi absensi dari Talenta ini dapat menghindarkan Anda dari kesalahan rekap presensi, hemat biaya dan juga terintergrasi dengan sistem penting lainnya.

Aplikasi untuk absen online buatan Talenta ini sudah lebih diterapkan 3500 lebih perusahaan di wilayah Indonesia. Beberapa perusahaan yang menjadi klien Talenta ini seperti dari Shopee, Hyundai, Gojek, Ciputra dan perusahan besar lainnya.

Tidak hanya cocok untuk perusahaan F&B, aplikasi absensi online ini juga cocok untuk ritel dan juga marketplace digital. Selain banyaknya fitur yang dimiliki oleh aplikasi absensi dari Talenta ini pelayanan yang diberikan pun juga memuaskan dari testimoninya di website Talenta.

Detail lengkap fitur dan keunggulan aplikasi untuk absen online Talenta di laman https://www.talenta.co/fitur/aplikasi-absen/ . Melaui laman tersebut Anda dapat melihat fitur berserta penjelasan dan tampilannya. 

Harga yang ditawarkan oleh pihak Talenta untuk software absensi ini tergantung dengan kelengkapan fiturnya dan juga jumlah tenaga kerja. Jadi semakin banyak jumlah tenaga kerja di perusahaan Anda maka harganya bisa lebih tinggi. 

Masalah aksesnya Anda tidak perlu ragu dan merasa kebingungan. Karena aplikasi untuk absen online Talenta ini dirancang dengan desain sederhana dan ramah pengguna. Anda juga bisa dapat mencoba langsung aplikasi ini sebelum membelinya jika berkenan.

Lalu apakah uji coba aplikasi ini harus melakukan pembayaran? Tenang saja, pihak Talenta juga mempunyai fitur uji coba gratis bagi penggunanya yang berminat. Durasi uji coba ini selama 14 hari, dan apabila selanjutnya ingin melanjutkan Anda dapat langsung menghubungi bagian marketing Talenta.

Segi kemanan dan legalitas aplikasi untuk absen online Talenta ini juga sudah mengikuti standar perizinan di Indonesia. Dari kemananannya aplikasi Talenta sudah mempunyai sertifikasi ISO 27001. Dan untuk peredarannya aplikasi abensi ini terdaftar dan diawasi langsung oleh Kominfo.

Jadi bagaimana apakah masih ragu untuk memilh aplikasi abensi Talenta by Mekari ini? Tentunya sudah tidak ragu lagi bukan setelah membaca ulasan di atas. Langsung saja konsultasikan dengan bagian marketing Talenta untuk uji coba demo dan pembelian aplikasi absensi ini melalui https://www.talenta.co/fitur/aplikasi-absen/

Sudah sepatutnya perusahaan juga mengikuti trend teknologi yang berkembang termasuk penggunan aplikasi absensi online. karena dengan memakai teknologi aktivitas operasional di perusahaan dapat berjalan secara efisien dan produktivitas perusahaan dapat meningkat.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Matte Tetap Lembab, Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint Solusinya
    Matte Tetap Lembab, Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint Solusinya
    16/08/2022 - 05:01
  • Bola-Bola Nasi Keju, Menu Bekal Enak Pasti Kenyang
    Bola-Bola Nasi Keju, Menu Bekal Enak Pasti Kenyang
    16/08/2022 - 05:00
  • Seoul Vibe, Film Aksi Drifting Berlatar Tahun 1988
    Seoul Vibe, Film Aksi Drifting Berlatar Tahun 1988
    16/08/2022 - 04:22
  • Heat Stroke Wasn't the Main Cause of Death for the Pilgrims
    Heat Stroke Wasn't the Main Cause of Death for the Pilgrims
    16/08/2022 - 03:36
  • Keren, Film Pendek Taylor Swift Masuk Nominasi Oscar  
    Keren, Film Pendek Taylor Swift Masuk Nominasi Oscar  
    16/08/2022 - 02:45

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Perlukah 'Motif' dalam Kasus Irjen Ferdy Sambo?
    Perlukah 'Motif' dalam Kasus Irjen Ferdy Sambo?
    15/08/2022 - 17:14
  • Retrospeksi 77 tahun Kemerdekaan di Sektor Pendidikan
    Retrospeksi 77 tahun Kemerdekaan di Sektor Pendidikan
    15/08/2022 - 16:11
  • KKN di Perguruan Tinggi: Sebuah Pengabdian atau Sekadar Penggugur Kewajiban?
    KKN di Perguruan Tinggi: Sebuah Pengabdian atau Sekadar Penggugur Kewajiban?
    15/08/2022 - 15:29
  • Peran Strategis Pemuda dalam Mengusung Semangat Nasionalisme di Era Society 5.0
    Peran Strategis Pemuda dalam Mengusung Semangat Nasionalisme di Era Society 5.0
    15/08/2022 - 14:28
  • Pers Perjuangan di Era Klik
    Pers Perjuangan di Era Klik
    13/08/2022 - 19:12
  • Idealitas Ruang Publik dalam Citayam Fashion Week
    Idealitas Ruang Publik dalam Citayam Fashion Week
    11/08/2022 - 16:16
  • Diskresi SKB 4 Menteri di Tengah Pandemi
    Diskresi SKB 4 Menteri di Tengah Pandemi
    11/08/2022 - 15:58
  • Bergerak dengan Hati hingga Menjadi Dambaan Hati
    Bergerak dengan Hati hingga Menjadi Dambaan Hati
    11/08/2022 - 13:29

KULINER

  • Bola-Bola Nasi Keju, Menu Bekal Enak Pasti Kenyang
    Bola-Bola Nasi Keju, Menu Bekal Enak Pasti Kenyang
    16/08/2022 - 05:00
  • Dijual di Pusat Perbelanjaan, Jajanan Jadul Khas Gresik Naik Kelas
    Dijual di Pusat Perbelanjaan, Jajanan Jadul Khas Gresik Naik Kelas
    15/08/2022 - 19:04
  • Resep Tumpeng Merah Putih, Sajian Lezat Saat Tujuh Belasan
    Resep Tumpeng Merah Putih, Sajian Lezat Saat Tujuh Belasan
    14/08/2022 - 07:12
  • Bancakan Sak Tempeh di Java Lotus Hotel, Sajian Ragam Kudapan Pandhalungan
    Bancakan Sak Tempeh di Java Lotus Hotel, Sajian Ragam Kudapan Pandhalungan
    13/08/2022 - 16:56
  • Berlumur 15 Bumbu Rahasia, Rasakan Kelezatan Mih Kocok Mang Dadeng di Kota Bandung
    Berlumur 15 Bumbu Rahasia, Rasakan Kelezatan Mih Kocok Mang Dadeng di Kota Bandung
    13/08/2022 - 12:56