Peristiwa Internasional

Banjir di Iran Tewaskan 22 Warga Setempat

Minggu, 24 Juli 2022 - 22:27 | 30.11k
Helikopter penyelamat parkir di sekitar area yang terlewati banjir di Iran. (foto: Mohammad Ali Mohammadi/AFP/Getty Images) 
Helikopter penyelamat parkir di sekitar area yang terlewati banjir di Iran. (foto: Mohammad Ali Mohammadi/AFP/Getty Images) 

TIMESINDONESIA, JAKARTABanjir dadakan yang terjadi pada Sabtu (23/7/2002) di Iran mengakibatkan 22 warga kehilangan nyawa dan 1 orang dinyatakan hilang. Banjir ini juga mengakibatkan kerugian harta benda besar-besaran bagi warga Provinsi Fars bagian Selatan.

Daerah Estahban merupakan wilayah terdampak banjir paling parah, daerah ini terletak 174  kilometer dari provinsi Shiraz. Banjir ini terjadi akibat hujan lebat yang tiba-tiba datang setelah seminggu lebih kemarau esktrim melanda. air bah tersebut mengalir melewati sungai Roodball.

Saat musim kemarau seperti ini, umumnya penduduk Iran akan mendinginkan badan dengan berendam di sungai, danau, atau lembah terdekat . Nah, saat beberapa orang sedang menikmati waktu mereka berendam di sungai Roodball, tiba-tiba banjir ini datang.

"Sekitar jam 5 sore hujan mulai turun di area Estahban yang mengakibatkan banjir," ungkap Yousef Kargar, Gubernur Estahban seperti dilansir dari The Guardian.

permukaan air sungai naik secara tiba-tiba. Beberapa penduduk setempat yang sedang berada di sisi sungai Roodball serta yang sedang menikmati sejuknya air sungai tersapu banjir. Tak hanya penduduk setempat, beberapa pengunjung sungai dari daerah lain juga ikut tersapu air bah.

Pemerintah pusat Iran sudah memerintahkan pemerintah provinsi Fars untuk menyelidiki penyebab dari bencana tersebut. Mereka juga mengarahkan agar pemerintah Fars memberikan kompensasi kepada keluarga korban.

Banjir yang terjadi di daerah Fars, Iran ini bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya pada tahun 2019, sejumlah 76 orang dinyatakan meninggal akibat kejadian yang sama. Bahkan pada Januari 2022 kemarin 2 orang juga meregang nyawa akibat banjir.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES