Pendidikan UIN Malang

Siapkan Kerja sama dengan Dunia Usaha dan Industri, Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang Siap Fasilitasi Mahasiswa

Jumat, 22 Juli 2022 - 18:25 | 27.64k
Dekan Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang, Dr. M. Faisol, M.Ag. saat menandatangani kerjasama dengan TV9 (17/7/2022) (FOTO: Dok. Fakultas Humaniora)FOTO B :
Dekan Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang, Dr. M. Faisol, M.Ag. saat menandatangani kerjasama dengan TV9 (17/7/2022) (FOTO: Dok. Fakultas Humaniora)FOTO B :

TIMESINDONESIA, MALANG – Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang sedang menyiapkan diri untuk menjalin kerja sama dengan dunia usaha dan industri. 

Hal tersebut akan dilakukan untuk memfasilitasi keilmuan dan bakat minat mahasiswa dengan bidang terkait.

Pihak yang saat ini sudah bekerja sama yaitu dengan PT Trans Inti Bahasa yang bergerak di bidang terjemahan, PT All Star yang bergerak di bidang pengembangan karir.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang, Dr. Hj. Galuh Nur Rohmah, M.Pd., M.Ed. membenarkan adanya niat baik dari Fakultas Humaniora ini.

Galuh-Nur-Rohmah.jpgWakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang, Dr. Hj. Galuh Nur Rohmah, M.Pd., M.Ed saat ditemui di ruangannya (22/7/2022) (FOTO: Adam Chesar Gunawan/TIMES Indonesia)

“Untuk kerja sama dengan dunia usaha dan industri perlu kita intensifkan lagi ke depannya” tambahnya saat diminta keterangan, Jumat (22/7/2022).

Ia juga menambahkan bahwa kerja sama-kerja sama di luar bidang tersebut sudah dan sedang dilakukan.

Hanya saja diutamakan pada dunia usaha dan industri.

Seperti kegiatan pengembangan karir yang sudah terselenggara.

Fakultas Humaniora berhasil mengundang narasumber dari lembaga terkait.

Juga pemberian materi Achievement Motivation Training kepada para mahasiswa.

Belakangan, Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang tengah bekerjasama dengan beberapa pihak untuk memfasilitasi mahasiswa melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL). 

Tentu hal ini sesuai dengan peminatan mata kuliah profesi yang ditawarkan seperti Journalism, Translation, Cinematography, Tourist Guiding, English Language Teaching (ELT). Penambahan mata kuliah profesi baru, International Relations juga menyusul akan dilakukan kerja sama terkait bidang tersebut.

Mahasiswa-UIN.jpgPenyerahan mahasiswa PKL di TIMES Indonesia oleh Dosen Pembina Lapangan (DPL), Dr. Agwin Degaf, MA (1/7/2022) (FOTO: Dok. Fakultas Humaniora)

Kerjasama yang berkaitan dengan profesi ELT, banyak bersinggungan dengan madrasah-madrasah yang ada di Kota Malang.

Tidak hanya untuk kebutuhan PKL, Fakultas Humaniora juga menandatangani kesepakatan untuk berikan pembinaan dan pendampingan kebahasaan pada madrasah juga masyarakat.

Dosen-dosen Fakultas Humaniora juga terlibat dalam kerja sama pembentukan lingkungan berbahasa di madrasah-madrasah. Pendampingan yang dilakukan juga termasuk strategi belajar dan mengajar bahasa asing. 

“Iya, seperti yang sudah kami lakukan beberapa minggu lalu di MA Gresik dan English Camp di Probolinggo,” ucap Dr. Hj. Galuh Nur Rohmah, M.Pd., M.Ed. yang juga Dosen Program Studi Sastra Inggris.

Selain itu, Fakultas Humaniora rutin menjalin kerja sama dengan Perguruan Tinggi Negeri maupun Luar Negeri.

Pakar-pakar kebahasaan Internasional juga telah dihadirkan untuk menjadi narasumber kegiatan di fakultas ini, seperti dari Belgia, Sydney, dan Singapura. 

Pemberian pengalaman baru terhadap mahasiswa melalui kegiatan Student Exchange juga nyatanya rutin dilakukan.

Mahasiswa Fakultas Humaniora telah menjajal student exchange ke Malaysia dan Singapura.

Juga di tahun ini akan dilangsungkan kembali Student Exchange ke Belgia dan Yordania.

Sejalan dengan pesan Rektor UIN Maliki Malang setelah launching program MBKM Kamis (14/7/2022) lalu, Fakultas Humaniora juga telah menyiapkan kerja sama dengan pihak terkait. Namun, hal yang sedang dikejar oleh Fakultas Humaniora adalah terjalinnya kerja sama dengan dunia usaha dan industri baik dalam maupun luar negeri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES