Politik

Hasto Kristiyanto Ungkap Kriteria Capres PDI Perjuangan di Pilpres 2024

Jumat, 22 Juli 2022 - 20:56 | 34.62k
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di sela pelantikan pengurus DPD TMP DKI Jakarta (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di sela pelantikan pengurus DPD TMP DKI Jakarta (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyoroti soal dinamika politik belakangan ini yang kerap membahas isu calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), serta isu koalisi Pilpres 2024.

Berbicara di acara pelantikan pengurus DPD Taruna Merah Putih (TMP) DKI Jakarta, Jumat (22/7/2022), Hasto mengatakan saat ini terkesan ada kekuatan yang ingin mendorong agar setiap hari berbicara capres, berbicara tentang kerjasama antar partai politik.

Padahal, kata Hasto, seharusnya sebelum berbicara soal penjodohan capres-cawapres, harus mengetahui soal rekam jejak prestasi sosok tersebut.

"Lalu, ada menjodoh-jodohkan (capres-cawapres), kami bertanya ketika mereka yang menjodohkan itu, harusnya juga memahami apa prestasinya," ucap Hasto.

Hasto pun mengungkapkan, bahwa di jajaran DPP PDI Perjuangan banyak tokoh yang sarat akan prestasi. 

Ia pun mencontohkan, bagaimana Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memiliki rekam jejak prestasi yang terbukti. 

Mulai saat menjadi Presiden ke-5 RI, Megawati berhasil menyelesaikan krisis multidimensi pada tahun 2004.

"Ibu Mega legacy-nya jelas sebagai pemimpin yang berani membela kedaulatan bangsa lain ketika Amerika Serikat melakukan aksi bilateral terhadap Irak. Banyak pemimpin yang diam, tapi Bu Mega berani mengatakan membela Irak. Karena Irak adalah bangsa yang merdeka," ucap Hasto.

Lalu, Hasto menyebut, Megawati berhasil menghasilkan Pemilu 2004 yang sangat demokratis. Dimana, tidak ada penggunaan instrumen hukum untuk meningkatkan elektoral suatu partai.

Kemudian, Hasto mengatakan sosok Prananda Prabowo yang menegaskan kekuatan ideologi PDI Perjuangan lewat dedication of life Bung Karno dan dengan panji-panji kehormatan partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Ia juga membeberkan pretasi Puan Maharani. Mulai dari Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI, hingga mengemban tugas sebagai Ketua DPR RI perempuan pertama di Indonesia. 

Politikus asal Yogyakarta ini pun mengatakan, PDI Perjuangan kaya dengan kader berprestasi dan sudah teruji lainnya, seperti Menteri Sosial Tri Rismaharini, hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Hasto kemudian menyebut sederet kader PDI Perjuangan yang tengah dipersiapkan menjadi calon pemimpin masa depan.

“Mbak Puan juga seperti itu, beliau persiapkan, Mas Prananda ideologi dipersiapkan, Bu Risma dipersiapkan, Pak Ganjar dipersiapkan sehingga PDI perjuangan itu begitu kaya dengan pemimpin-pemimpin muda yang semuanya berdisiplin pada arahan Ibu Mega," tutur Hasto.

"Jadi misalnya ada yang mengusulkan, wah ini dari PDI Perjuangan, prestasinya jelas, kinerjanya jelas, bisa dipertanggungjawabkan, rekam jelas, bebet, bobot, bebet-nya,” imbuh Hasto.

Namun demikian, Hasto Kristiyanto menekankan bahwa saat ini, PDI Perjuangan tak terlalu memikirkan nama capres-cawapres. Sebab skala prioritas saat ini adalah bergerak ke bawah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES