Peristiwa Internasional

Pemilu Papua Nugini Ricuh, Belasan Korban Nyawa Melayang

Jumat, 22 Juli 2022 - 14:45 | 62.74k
Para penduduk Papua Nugini menggunakan hak suara mereka di bilik suara Port Moresby. (Foto: Andrew Kutan/AFP/Getty Images) 
Para penduduk Papua Nugini menggunakan hak suara mereka di bilik suara Port Moresby. (Foto: Andrew Kutan/AFP/Getty Images) 

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setidaknya hingga kini dilaporkan 18 korban nyawa melayang akibat kericuhan menjelang pemilu yang terjadi di Papua Nugini.

Diketahui, negara ini kini sedang melangsungkan pesta perhelatan pemilihan presiden bagi negara yang baru seumur jagung tersebut.

Kericuhan ini terjadi di Porgera, Provinsi Enga. Kejadian tersebut dipicu sebuah suku petarung yang tiba-tiba menyerang kelompok lain. Dilansir dari The Guardian, korban berjatuhan setelah ditembak. Kejadian  tersebut sempat diabadikan dalam video yang kini berseliweran di dunia maya.

Video yang tersebar di internet tersebut berlangsung pada Rabu (20/7/2022). Beberapa pria bersenjata menembaki para pria dan wanita di pelataran gereja Kanamanda. Mereka juga merusak gereja dan fasilitas umum lainnya seperti sekolah, jalan, dan jembatan.

Pihak kepolisian setempat melaporkan bahwa kejadian tersebut merupakan perkelahian antarsuku. Namun hingga kini kasus tersebut masih didalami. Mereka berpendapat kurangnya jumlah pasukan polisi merupakan alasan kenapa polisi tak segera mengambil tindakan kala itu.

Dirk Wagener dari PBB mengungkap keprihatinannya atas kejadian tersebut. Dirinya mengungkap selain membunuh belasan warga, dalam kekerasan tersebut setidaknya 8 gadis setempat juga diperlakukan secara tidak layak dan mengalami rudapaksa atau kekerasan seksual.

Kekacauan ini mengkibatkan setidaknya 3000 warga Enga, Papua Nugini harus dievakuasi. Sebagian besar dari mereka merupakan perempuan dan anak-anak. pemilu di negara ini dimulai sejak awal Juli dan akan berakhir di akhir bulan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES