Entertainment

Kisah Pahlawan Nasional KH Abdul Wahab Chasbullah Bakal Difilmkan

Kamis, 21 Juli 2022 - 19:01 | 51.97k
KH Abdul Wahab Chasbullah, Pahlawan Nasional sekaligus Pendiri dan Penggerak Nahdlatul Ulama dari Kabupaten Jombang Jawa Timur. (FOTO : Istimewa)
KH Abdul Wahab Chasbullah, Pahlawan Nasional sekaligus Pendiri dan Penggerak Nahdlatul Ulama dari Kabupaten Jombang Jawa Timur. (FOTO : Istimewa)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Pahlawan Nasional sekaligus pendiri dan penggerak Nahdlatul Ulama (NU) KH Abdul Wahab Chasbullah bakal difilmkan. Rencananya pembuatan film itu, akan diproduksi oleh Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, Jawa Timur.

Judul film itu juga sudah dirillis yaitu 'KH Wahab Chasbullah Sang Penggerak NU'. Iya, film itu merupakan kado spesial dari Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang pada momen menyambut usia satu abad NU.

Dalam proyek pembuatan film ini, juga telah mendapat dukungan dan akan dibantu oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Dudung Abdurachman.

Tentunya ini menjadi angin segar bagi kalangan pesantren. Bahwa tokoh yang berlatar belakang santri dan pesantren dari Jombang bakal dinikmati oleh khalayak umum. Tentunya bisa mengangkat nama Jombang sebagai Jombang Republik Santri.

Rencana pembuatan film tersebut telah dibicarakan oleh putra KH Wahab Chasbullah sekaligus Ketua PBNU KH Moh Hasib Wahab bersama Jenderal Dudung Abdurachman, di Kantor Kasad, Jakarta, pada Rabu (20/7/2022) kemarin.

Pemilihan Aktor Melibatkan 100 Pesantren

Hadir dalam pertemuan itu, Ketua PBNU KH Ahmad Fahrurrozi (Gus Fahrur) mengatakan dalam pembuatan film 'KH Wahab Chasbullah Sang Penggerak NU' akan melibatkan 100 pesantren dalam proses pemilihan aktor (casting) dalam memerankan karater dalam film tersebut.

"(Ini) dalam rangka menyambut satu abad harlah (hari lahir) NU," ungkap Gus Fahrur seperti dikutip dari media PBNU NU Online.

Menurut Gus Fahrur, film tersebut akan menyuguhkan hal yang menarik untuk dinanti. Sebab dalam film itu akan menceritakan perjalanan KH Wahab Chasbullah sebagai Pahlawan Nasional yang juga sebagai pendiri dan penggerak dari Nadlatul Ulama. Hingga perjuangan beliau mengawal kemerdekaan Indonesia yang bisa diambil pelajaran dan keteladanannya.

"Beliau adalah ulama nasionalis sejati yang berwawasan kebangsaan mumpuni (dan) pencipta lagu Ya Lal Wathon yang menggetarkan semangat kemerdekaan," ungkap Gus Fahrur.

Film KH Wahab Chasbullah Sang Penggerak NU itu, lanjut Gus Fahrur, diupayakan akan dapat ditayangkan dalam peringatan satu abad NU tahun depan. Diketahui, secara hitungan kalender hijriah, NU akan berusia pada 16 Rajab 1444 H atau sekitar tujuh bulan lagi.

Sementara itu, Gus Fahrur menyampaikan bahwa Kasad Dudung sangat mendukung dan menyambut baik terhadap rencana pembuatan film ini. Diharapkan, Film KH Wahab Chasbullah Sang Penggerak NU ini dapat menjadi teladan bagi masyarakat Indonesia saat ini, karena Mbah Wahab merupakan kiai yang sangat mencintai NKRI.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES