Peristiwa Internasional

Calon Perdana Menteri Inggris Tinggal Rishi Sunak dan Liz Truss

Kamis, 21 Juli 2022 - 07:08 | 33.96k
Rishi Sunak memenangkan 137 suara versus 113 suara Liz Truss dalam pemungutan suara hari Rabu di antara anggota parlemen Partai Konservatif. (FOTO: BBC/AFP).
Rishi Sunak memenangkan 137 suara versus 113 suara Liz Truss dalam pemungutan suara hari Rabu di antara anggota parlemen Partai Konservatif. (FOTO: BBC/AFP).

TIMESINDONESIA, JAKARTARishi Sunak dan Liz Truss menjadi dua kandidat yang akan bertarung menuju kursi Perdana Menteri Inggris. Ini  setelah kandidat Penny Mordaunt tersingkir melalui pemungutan suara dengan perbandingan 137 : 113.

Liz Truss berhasil membalikkan keunggulan tipis 113 : 105 dari Penny Mordaunt dalam pemungutan suara terakhir di antara anggota parlemen Tory.

Lizz  akan berhadapan langsung dengan Sunak, yang menduduki puncak pemungutan suara terakhir dengan 137 suara.

Pemenangnya akan ditentukan melalui pemungutan suara di antara anggota partai Konservatif.

Menteri Luar Negeri Liz Truss mengamankan tempatnya setelah lonjakan dukungan yang pelan, mengumpulkan 27 suara dalam 24 jam sejak putaran terakhir sementara Mordaunt hanya memperoleh 13 suara.

Rishi Sunak Liz Truss akan bertarung habis-habisan untuk menjadi perdana menteri Inggris berikutnya setelah mereka memenangkan pemungutan suara terakhirnya itu diantara anggota parlemen Partai Konservatif untuk menggantikan mantan pemimpin Boris Johnson.

Boris Johnson terpaksa mengundurkan diri bulan ini setelah ia kehilangan dukungan dari legislatornya setelah berbulan-bulan skandal, termasuk pelanggaran aturan penguncian pandemi Covid-19.

"Bersyukur rekan-rekan saya telah memberikan kepercayaan kepada saya hari ini. Saya akan bekerja siang dan malam untuk menyampaikan pesan kami ke seluruh negeri," tulis Sunak di Twitter, Rabu.

Sunak memimpin disemua putaran pemungutan suara di antara legislator Konservatif, namun Liz Truss tampaknya juga terus membayangi setelah memperoleh keuntungan sejauh ini diantara 200.000 anggota partai yang memerintah.

 Liz Truss juga turun ke media sosial untuk berterima kasih kepada para pendukungnya yang mengatakan bahwa dia "siap untuk mulai bekerja sejak hari pertama".

Sebelas kandidat awalnya mengajukan nama mereka tetapi dalam pemungutan suara kelima dan terakhir dari legislator Konservatif Inggris pada hari Rabu, Menteri Perdagangan Junior Penny Mordaunt tersingkir. Rishi Sunak memenangkan 137 suara melawan Liz Truss 113 dan Penny Mordaunt 105 suara dan akan bersaing memperebutkan kursi Perdana Menteri Inggris.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES