Politik

Survei ARCI: PKB Masih Kuasai Jatim, Gerindra Tempel PDIP

Rabu, 20 Juli 2022 - 19:22 | 42.07k
Baihaki Siraijt, Direktur ARCI saat paparan hasil survei di Surabaya, Rabu (20/7/2022). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Baihaki Siraijt, Direktur ARCI saat paparan hasil survei di Surabaya, Rabu (20/7/2022). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei elektabilitas partai politik di Jawa Timur. Hasilnya, PKB masih menjadi partai nomor satu di Jatim.

"Survei kita, PKB masih menempati peringkat pertama dengan elektabilitas 17,83 persen," kata Baihaki Siraijt, Direktur ARCI di Surabaya, Rabu (20/7/2022).

Baihaki menjelaskan, faktor pemilih Nahdlatul Ulama (NU) yang mendominasi di Jatim membuat PKB tetap nomor satu.

"Memang mayoritas pemilih NU atau masyarakat NU masih memilih PKB. Meski Ketua Halim banyak beraktivitas sebagai menteri, namun pengurus PKB Jatim ini sangat aktif turun ke warga NU," imbuhnya.

Lebih lanjut, PDI Perjuangan mulai tertinggal dari PKB. Yang menarik, kata Baihaki, elektabilitas Partai Gerindra yang mulai mendekati PDIP.

"Gerindra ini mulai merangkak naik mendekati PDIP. Banyak faktor yang kami temukan di lapangan, salah satunya masifnya pengurus Gerindra turun ke daerah. Faktor lainnya juga memiliki Ketua dengan latar belakang NU (Anwar Sadad)," jelasnya.

Diketahui, Survei ARCI dilakukan pada 25 Juni-10 Juli 2022. ARCI menggunakan metodologi multistage random sampling dengan 1.200 responden. Survei ini memiliki margin of eror sebesar -+2,8 Persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

Hasil survei ARCI terkait elektabilitas partai politik di Jatim posisi pertama di tempati PKB dengan 17,83%, posisi kedua PDI Perjuangan sebesar 16,5%, dan posisi ketiga adalah Gerindra dengan 14%. Selanjutnya berturut-turut hingga posisi 17 adalah Golkar (10, 08%), NasDem (8, 17%), Demokrat (6, 17%), PPP (4, 25%), PKS (3, 58%), PSI (2, 58%), Perindo (2, 08%). Selanjutnya Ummat, Gelora, Berkarya, Prima, Garuda, PKN dengan perolehan di bawah 1 persen. Berdasarkan hasil survei, sebanyak 10,58 persen tidak menjawab atau tidak mengetahu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES