Kuliner

Yuk Coba Tahu Lontong Lonceng! Kuliner Legendaris Kota Malang

Selasa, 19 Juli 2022 - 05:29 | 167.76k
Menu Tahu lontong lonceng yang terletak di Jalan Laksamana Martadinata No. 66, Kota Malang (FOTO: Firda Aulia Rachmasari/TIMES Indonesia)
Menu Tahu lontong lonceng yang terletak di Jalan Laksamana Martadinata No. 66, Kota Malang (FOTO: Firda Aulia Rachmasari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kota Malang mempunyai segudang kuliner legendaris yang populer sejak dahulu kala. Bahkan ada yang berumur hampir satu abad. Tidak mengherankan jika banyak wisatawan rela datang jauh hanya untuk menikmati kuliner-kuliner legenda di Kota Malang.

Bagi pecinta makanan gurih berbumbu kacang dengan harga yang murah, Tahu Lontong Lonceng bisa jadi opsi terbaik. Terletak di Jalan Laksamana Martadinata No. 66, Kota Malang, tempat makan legendaris ini nyaris tidak pernah sepi.

Tahu Lontong Lonceng merupakan salah satu dari sekian banyak kuliner yang sudah ada sejak zaman penjajahan. Berdiri pada tahun 1935, saat ini Tahu Lontong Lonceng sudah memasuki generasi keempatnya.

daftar-Tahu-Lontong-Lonceng.jpgList menu dan harga di Depot Tahu Lontong Lonceng (FOTO: Firda Aulia Rachmasari/TIMES Indonesia)

Uniknya, pengambilan nama ‘Lonceng’ ini bukan tanpa sebab. Dewi, menantu pemilik Tahu Lontong Lonceng ini menjelaskan bahwa penamaan ini diawali karena dahulu letak tempat untuk menjajakan makanan ini berada di bawah tugu yang didirikan oleh Belanda. Karena letaknya berada di bawah lonceng, jadilah penyebutan Tahu Lontong Lonceng menjadi populer hingga sekarang.

Hal menarik lainnya dari depot ini adalah, semua bahan-bahan yang akan diolah menjadi hidangan spesial ini dibuat sendiri. 

“Yang membuat berbeda itu dari kualitasnya. Kami memakai bahan terbaik. Mulai dari tahunya kita buat sendiri, kecap juga kita buat sendiri. Semuanya tanpa pengawet dan pemutih,” terangnya Senin, (18/7/2022).

plakatr-Tahu-Lontong-Lonceng.jpgPlakat di depan depot Tahu Lontong Lonceng (FOTO: Firda Aulia Rachmasari/TIMES Indonesia)

Terdapat tiga jenis tahu lontong yang dapat dipilih pembeli. Mulai dari tahu telur lontong, tahu telur nasi, dan tahu lontong biasa. Citra rasa yang khas dan dipadukan dengan lembutnya tahu dan gurihnya sambal kacang akan membuat siapapun tergoda.

Harga yang ditawarkan juga sangat murah. Mulai dari Rp 11.000 saja, pengunjung dapat menikmati tahu lontong legendaris ini. Pembelinya pun beragam, mulai dari pekerja kantoran sampai pelajar. Bahkan pembelinya juga berasal dari berbagai daerah, seperti Surabaya, Jakarta dan luar negeri.

“(Pembelinya) banyak yang sudah langganan dari dahulu. Jadi orang-orang yang sudah tua itu langganannya (makan di sini) dari mereka kecil sampai sekarang,” jelas Dewi.

Bagi yang ingin menikmati nikmatnya tahu lontong, anda bisa datang langsung ke Jalan Martadinata No. 66, Kotalama, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Tahu Lontong lonceng buka setiap hari pukul 11.00 WIB-21.30 WIB.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES