Peristiwa Internasional

Monsoon, Hujan Badai Arizona AS Sebabkan Listrik Mati dan Tol Banjir

Selasa, 19 Juli 2022 - 02:30 | 33.87k
Jalan tol di Arizona banjir akibat hujan badai. (Foto: Arizona DOT/Twitter) 
Jalan tol di Arizona banjir akibat hujan badai. (Foto: Arizona DOT/Twitter) 

TIMESINDONESIA, JAKARTAArizona kini sudah memasuki musim hujan badai tahunan. Musim ini oleh penduduk setempat lebih dikenal sebagai monsoon. Umumnya keadaan seperti itu akan melanda negara bagian AS ini mulai pertengahan Juli hingga akhir September.

Monsoon diketahui membawa hujan badai serta petir dan angin kencang. Kejadian tersebut akan diikuti dengan beberapa kejadian alam seperti tanah longsor dan banjir. Bahkan beberapa fasilitas umum juga akan rusak dan mengakibatkan kerugian baik di pihak pemerintah maupun masyarakat.

Seperti kejadian banjir di tol US 60, dekat daerah Val Vista Drive, Arizona (AZ).  Jalan tol negara bagian tersebut dilaporkan terendam banjir dan bagian kanan jalan tersebut tak bisa dilalui. Banjir menggenang pada Minggu malam (17/7/2022).

Pengendara sebagian kemudian diarahkan melintasi badan jalan bagian kiri, atau memakan jalan yang berlawanan arah. Hal ini tentunya membuat tumpukan kemacetan di area ruas tol tersebut. Hal ini bukan pertama kalinya terjadi. Seminggu sebelumnya banjir juga melanda jalan tol ini.

Bahkan sebelumnya daerah Val Vista juga dilanda angin dahsyat. Dari unggahan video 12 News, tong sampah dan ranting-ranting kayu lapuk ikut tersapu angin tersebut. Angin yang diperkirakan memiliki kecepatan 20 Km/jam ini juga disertai hujan lebat dan kilat.

Sementara itu di Mesa, Phoenix, Arizona, kilat dan petir terus menyambar dan bersahutan mulai dari malam hingga pagi hari. Hal ini menyebabkan terjadinya gangguan arus listrik. Sekitar 31.000 rumah harus kehilangan pasokan listrik selama beberapa jam akibat gangguan tersebut.

Pada tahun 2019, bahkan monsoon atau hujan badai ini sempat meneggelamkan kawasan Phoenix, Arizona. Wilayah yang terkenal dengan tandusnya gurun pasir ini mendadak berubah bagaikan lautan rawa-rawa. Akibat kejadian ini beberapa warga kini bahkan bersiap menemboki rumahnya dengan tumpukan karung pasir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES