Wisata

13 Kampung Adat Mempesona di Sumba Timur

Senin, 18 Juli 2022 - 05:17 | 156.48k
Salah satu kampung dan rumah adat di Sumba Timur memiliki kuburan batu atau megalitik.(FOTO: Sumba.go.id)
Salah satu kampung dan rumah adat di Sumba Timur memiliki kuburan batu atau megalitik.(FOTO: Sumba.go.id)

TIMESINDONESIA, SUMBA TIMUR – Jika Ingin berwisata budaya di pulau Sumba NTT ada 13 kampung adat mempesona yang akan dijumpai di Kabupaten Sumba Timur. Kampung adat Sumba Timur tersebut memiliki rumah adat budaya berbentuk persegi empat serta tiang utama penopang atap puncak dari rumah itu bersimbol mistis.

Di sekeliling rumah adat itu terdapat kuburan-kuburan batu besar dengan berbagai bentuk dan ukuran yang indah baik yang telah beratus tahun maupun yang baru. Itu Sebagai manifestasi kejayaan jaman megalitik dimasa lampau dengan karakteristik adat istiadatnya masing-masing rumah bukan hanya tempat kediaman manusia tetapi juga merupakan tempat kebaktian dan pusat persekutuan sosial dan ekonomi.

Sumba-Timur-b9066421ea32a3563.jpg

Adapun 13 kampung adat dengan rumah adat budayanya di Kabupaten Sumba Timur seperti, Kampung adat Prainatang, Kawangu, Watumbaka, Praiyawang, Umabara, Tambahak, Kaliuda, Wundut, Lewapaku, Wunga, Rambangaru, Hamaparenggu dan Kampung Raja Prailiu.

Menurut Rambu Ana pemerhati Budaya Sumba, sejumlah kampung adat di Sumba pasti memliki rumah adat dan batu megalitik atau kuburan-kuburan batu berukuran besar maupun kecil namun bukan itu saja tetapi didalam kampung adat juga ada pengrajin kain tenun ikat.

“Jadi disemua kampung adat itu selain rumah adatnya adapula kuburan-kuburan batu atau megalitik maupun didalamnya ada warganya yang menenun kain dan masing-masingnya menyibukkan diri,” katanya.

Rambu menyebut, kampung-kampung adat di Kabupaten Sumba Timur salah satu obyek wisata yang perlu di lestarikan namun tak hanya obyek karena rumah dan lainnya tetapi juga kebudayaan dan adat istiadat sudah hidup lama berdampingan bersama warga di tempat itu.

Sumba-Timur-c0194e53cce8b5174.jpg

“Kampung adat di Sumba ada beberapa kampung tersebar diberbagai wilayah seperti di Sumba Barat, Sumba Tengah, Sumba Timur hingga paling ujung pulau Sumba yaitu Sumba Barat Daya semua lengkap dengan kuburan-kuburan batu atau megalitiknya,” ujarnya.

Rambu mengungkapkan, kampung adat Sumba Timur salah satu cara yang tepat untuk mengenali budaya di Indonesia tentunya dengan cara berwisata disini akan mendapatkan pengalamam wisata budaya terbaik karena terdapat 13 kampung adat yang masih menghidupkan tradisi asli nenek moyang hingga saat ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES