Ekonomi

Kunjungi Pasar Jagasatru Cirebon, Mendag Pastikan Harga Migor Curah Sesuai HET

Minggu, 17 Juli 2022 - 14:44 | 37.64k
Mendag Zulkifli Hasan, menanyakan harga Minyak Goreng curah kepada pedagang Pasar Jagasatru Kota Cirebon. (Foto: Kementrian Perdagangan)
Mendag Zulkifli Hasan, menanyakan harga Minyak Goreng curah kepada pedagang Pasar Jagasatru Kota Cirebon. (Foto: Kementrian Perdagangan)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan kunjungan kerja di Pasar Jagasatru Kota Cirebon, Minggu (17/7/2022). Dalam kunjungan kerjanya, Mendag mamantau harga bahan pokok dan juga harga minyak goreng.

Berdasarkan hasil pantauan harga bahan pokok, Mendag mengklaim harga-harga kebutuhan pokok masih stabil. Ia juga menyampaikan, harga beberapa komoditas mengalami penurunan.

"Tadi kami ke pasar untuk memantau harga-harga barang kebutuhan pokok. Dan kami dapati harga komoditas seperti minyak goreng curah, daging ayam ras, dan telur ayam ras turun," kata pria yang biasa dipanggil Zulhas.

Zulhas mengatakan, dalam agenda tersebut, dirinya menemukan harga minyak goreng curah berada dikisaran harga Rp11.700 sampai Rp14.000 perliter. Menurutnya, kondisi tersebut sesuai dengan ketentuan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng curah sebesar Rp14.000 perliter.

Zulhas menegaskan, Kementerian Perdagangan akan terus mendorong distribusi minyak goreng alokasi pasar dalam negeri (domestic market obligation/DMO) agar masyarakat dapat memperoleh minyak goreng dengan harga terjangkau.

“Kami turun untuk memastikan, minyak goreng hasil DMO dapat diperoleh dengan mudah dan harga terjangkau. Di Pasar Jagasatru ini, harga minyak goreng curah sudah dijual dikisaran harga Rp11.700 sampai Rp14.000 per liter," tutur Zulhas.

Dirinya menyebutkan, hasil pantauan harian Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kemendag per 15  Juli 2022 mencatat, rata-rata harga minyak goreng curah di pulau Jawa dan Sumatera sudah sesuai HET yakni Rp14.000 perliter.

Bahkan untuk PulaunJawa sendiri, lanjut Zulhas, sudah di bawah HET yaitu Rp13.200 perliter. Untuk Provinsi lain diluar Jawa dan Sumatra juga sudah menunjukkan tren penurunan. 

"Di Kalimantan harga rata-rata  Rp14.700 perliter, di Sulawesi Rp15.600 perliter, di Nusa Tenggara Rp16.600 perliter, serta di Maluku dan Papua Rp20.700 perliter," sebut Mendag Zulhas. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES