Peristiwa Internasional

Israel - Hamas Saling Serang Beberapa Jam Setelah Joe Biden Pergi

Sabtu, 16 Juli 2022 - 21:05 | 58.79k
Bola api terlihat menyusul serangan udara Israel di kota Gaza pada 16 Juli 2022. (FOTO: Times of Israel/AFP)
Bola api terlihat menyusul serangan udara Israel di kota Gaza pada 16 Juli 2022. (FOTO: Times of Israel/AFP)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPesawat tempur Israel menyerang fasilitas manufaktur senjata di Jalur Gaza Sabtu (16/7/2022) pagi, setelah malam harinya tembakan roket juga ditembakkan ke wilayah Israel.

Baku tembak itu terjadi beberapa jam setelah Presiden AS Joe Biden meninggalkan negara itu, dan tak lama setelah pemimpin Amerika itu tiba di Arab Saudi dan mengumumkan kesepakatan yang mencakup langkah-langkah Riyadh menuju normalisasi hubungan dengan Israel. 

"Beberapa saat yang lalu, jet tempur IDF menyerang sebuah situs militer di Jalur Gaza tengah milik organisasi teroris Hamas," kata Pasukan Pertahanan Israel mengatakan

Dilansir Al Arabiya, situs militer yang ditembaki itu terdiri dari kompleks bawah tanah yang berisi bahan baku yang digunakan untuk pembuatan roket.

"Serangan di situs ini akan secara signifikan menghambat dan merusak kemampuan pembangunan kekuatan Hamas," katanya.

"Malam hari sebelum serangan Israel itu, ada dua peluncuran roket secara terpisah, masing-masing dua roket, menuju wilayah Israel," kata pihak militer.

Sirene peringatan kemudian memperingatkan penduduk atas tembakan roket terdengar pada malam hari di kota Ashkelon dan di tempat lain di selatan Israel.

Militer Israel mengatakan salah satu roket telah dicegat sementara tiga lainnya jatuh di tanah kosong.

Sementara itu Times of Israel menyebutkan, Pasukan Pertahanan Israel menargetkan fasilitas bawah tanah Hamas yang digunakan untuk produksi bahan roket di Jalur Gaza tengah dalam pembalasannya itu.

"Situs yang ditargetkan adalah salah satu situs terbesar dan terpenting di Jalur Gaza untuk produksi bahan dasar roket oleh kelompok teror," kata Pasukan Pertahanan Israel dan menegaskan bahwa serangan itu akan secara signifikan menghentikan pembuatan roket.

IDF secara teratur menganggap Hamas bertanggung jawab atas setiap serangan yang berasal dari Gaza.

Tidak ada klaim langsung oleh kelompok teror mana pun yang berbasis di Gaza atas tembakan roket hari Sabtu.

Layanan ambulans Magen David Adom mengatakan, tidak ada laporan tentang cedera fisik setelah serangan roket, tetapi dua orang dirawat karena kecemasan di Ashkelon.

Rekaman yang diposting ke media sosial dimaksudkan untuk menunjukkan saat salah satu roket dicegat oleh Iron Dome.

Kesepakatan itu akan melihat transfer sepasang pulau Laut Merah dari Mesir ke Arab Saudi, dan Riyadh memungkinkan maskapai penerbangan Israel untuk terbang di atas wilayahnya dalam perjalanan ke timur jauh. Hal ini juga diharapkan mencakup Saudi yang mengizinkan penerbangan langsung dari Israel untuk jemaah muslim.

Pada tahun 2020, kelompok teror Hamas yang berkuasa di Gaza meluncurkan salvo roket ke selatan ketika Israel menandatangani kesepakatan damai dengan Uni Emirat Arab dan Bahrain.

Biden berangkat dari Israel Jumat pagi, setelah berkunjung dua hari yang mencakup pertemuan dengan para pemimpin Israel dan kunjungan ke Yerusalem Timur serta Tepi Barat.

Di masa lalu, Israel telah menanggapi dengan serangan udara terhadap situs Hamas terlepas dari kelompok yang melancarkan serangan. Lebih jarang, ia mengarahkan tanggapannya pada Jihad Islam, jika kelompok teror itu mengaku bertanggung jawab.

Terakhir kali roket ditembakkan dari daerah kantong pantai ke Israel adalah pada 18 Juni. Serangan itu diduga dilakukan oleh Jihad Islam Palestina sebagai tanggapan atas kematian tiga warga Palestina yang tewas dalam baku tembak dengan pasukan Israel sehari sebelumnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES